Pengaruh Konsep Diri Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMPN 2 Ponorogo

Anwaroti, Ismatul (2020) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMPN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ISMATUL_ANWAROTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anwaroti, Ismatul. 2020. “Pengaruh Konsep Diri terhadap disiplin belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Konsep diri bukan faktor bawaan, melainkan berkembang dari pengalaman yang terus menerus dan terdiferensiasi. Konsep diri berkaitan dengan evaluasi seseorang terhadap penilaian dirinya sendiri. Konsep diri dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang, karena tingkah laku sangat berhubungan dengan pemahaman diri.
Disiplin belajar merupakan serangkaian sikap, tingkah laku siswa yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya untuk belajar secara teratur baik di sekolah maupun dirumah atas dasar kesadaran siswa untuk belajar tanpa adanya pemaksaan. Disiplin belajar berfungsi untuk menerapkan cara belajar yang baik sehingga siswa dapat menacapai tujuan belajar yang diinginkan. Disiplin bertujuan untuk melatih anak memiliki sikap tanggun jawab baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sosialnya serta berperilaku dengan cara yang sesuai dengan standar kelompok sosial (sekolah), tempat mereka diidentfikasikan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi disiplin belajar, yang pertama faktor intern, yang meliputi faktor bawaan, faktor kesadaran, faktor minat dan motivasi, faktor penaruh pola pikir. Kedua faktor ekstern, yang meliputi contoh atau teladan, nasihat, faktor latihan, faktor lingkungan, dan faktor pengaruh kelompok.
Inikator disiplin belajar dapat diklasifikasikan sebaai berikut: 1) Disiplin masuk sekolah; 3) disiplin dalam mengikut pembelajaran di sekolah; 3) Disiplin menerjakan tugas; 4) Disiplin dalam menaati tata tertib di sekolah; 5) Disiplin belajar di rumah.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa SMPN 2 Ponorogo; (2) Untuk mengetahui tingat disiplin belajar siswa SMPN 2 Ponorogo; (3) untuk mengetahui tinkat pengaruh konsep diri terhadap disiplin belajar siswa SMPN 2 Ponorogo. Dalam penelitian ini, penelit menunakan pendekatan kuantitatif bersifat reresi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reresi sederhana. Teknik penambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling, yaitu pemilihan sampel yang mengacu pada suatu kelompok yang ada pada populasi. Adapun teknik pengambilan data menggunakan angket dan observasi.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Konsep diri siswa kelas VII di SMPN 2 Ponorogo berada pada tingkat sedang dengan presentase 61,29%; 2) Disiplin belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Ponorogo berada tingkat sedang dengan presentase 64,52%; 3) Berdasarkan thitung sebesar 4,114 dan t tabel sebesar 1,699 dengan taraf kesalahan 5%, maka (thitung > ttabel) dengan besarnya signifikansi 0,000 < 0,05 (α = 5%), maka artinya konsep diri berpengruh terhadap disiplin belajar siswa di kelas VII SMPN 2 Ponorogo.

Kata Kunci: Konsep Diri,Disiplin Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:17
Last Modified: 04 Jun 2020 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9681

Actions (login required)

View Item View Item