Ikhsani, Tiara (2020) Pembelajaran Al-Qur'an dengan Menggunakan Metode Tilawati (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
TIARA IKHSANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ikhsani, Tiara. 2020. Pembelajaran Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tilawati (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd. I.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Tilawati
Penggunaan metode yang kurang tepat dalam suatu pembelajaran dapat menyebabkan hasil pembelajaran menjadi kurang optimal. Salah satunya dalam pembelajaran al-Qur’an. Di Madrasah Diniyah Al-Ettihad pembelajaran al-Qur’an diterapkan dengan menggunakan metode tilawati, dari hal tersebut diharapkan minat dan kemampuan para siswa dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih efektif dan berkualitas.
Berawal dari fenomena tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1). Mengetahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran al-Qur’an di Madrasah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo. 2). Mengetahui hasil dari penerapan metode tilawati dalam pembelajaran al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo. 3). Megetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode tilawati dalam pembelajaran al-Qur’an di Madrasah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah berupa kata-kata. Teknik dalam analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1). Penerapan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati di Madrasah Diniyah Al-Ettihad telah berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman pembelajaran metode tilawati. Hasil pembelajaran mengutamakan pada peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Dengan tahapan yaitu target pembelajaran, proses pembelajaran, materi, dan evaluasi pembelajaran. 2). Hasil dari pembelajaran al-Qur’an dengan metode tilawati di Madrasah Diniyah Al-Ettihad dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tilawati ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca al-Qur’an para siswa, hal tersebut tampak dari hasil penilaian atau munaqosyah yang telah dilaksanakan. Selain itu pembelajaran dengan metode tilawati ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri para siswa. 3). Faktor pendukung dalam keberhasilan penerapan metode tilawati di Madrasah Diniyah Al-Ettihad diantarannya adalah sarana dan prasarana yang memadai, jalinan komunikasi yang baik antara lembaga dan orang tua, kerjasama yang baik antar guru, input siswa yang sudah memiliki latar belakang baca tulis al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah cuaca, perekrutan guru tilawati, kemampuan anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yusmicha Ulya Afif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 04:10 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 04:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9678 |
Actions (login required)
View Item |