Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo

Hati, Vidiya Sinar (2020) Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
vidiya sinarhati 210316228 skrispsi.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hati, Vidiya Sinar. 2020. Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di SMPN 1 Siman. Skripsi. JurusanPendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter.
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama maupun lingkungan sehingga menjadi manusia insan kamil. Dan hal ini jika melihat fakta di lapangan tidak sepenuhnya tercapai misalnya saja di SMPN 1 Siman ponorogo masih ada sebagian peserta didik yang melakukan tawuran sesama peserta didik, bolos sekolah, dan melakukan contekan ketika di adakan ujian di sekolah. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan karakter belum sepenuhnya terlaksana seperti yang diharapkan. Karena pendidikan karakter belum terlaksana sepenuhnya sekolah-sekolah perlu meningkatkan pendidikan karakter. Di SMPN 1 Siman Ponorogo dalam mengatasi minimnya pendidikan karakter siswa menerapkan budaya sekolah untuk meningkatkan pendidikan karakter.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menjelaskan proses budaya sekolah dalam meningkatakan pendidikan katakter di SMPN 1 Siman Ponorogo. 2. Untuk mendeskripsikan karakter siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo dengan adanya budaya sekolah.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti lapangan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik Presistent Observation (ketekunan pengamatan) ,Triangulasi, Peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi).
Berdasarkan analisis data Proses penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, 1. Pada proses budaya sekolah untuk meningkatkan penguatan pendidikan karakter, dilakukan dengan menerapkan nilai budaya yang berkaitan dengan karakter yang dibangun. Dengan adanya metode dalam proses pembudayaan karakter adalah menerapkan pembiasaan, pengkondisian keteladanan, kedisiplinan, karakter sosial, kepribadian pada peserta didik agar pendidikan karakter peserta didik semakin baik 2. Sebelum adanya pendidikan budaya sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMPN 1 Siman Ponorogo, pendidikan karakter peserta didik sangat kurang, yang mana dulu sering adanya tawuran, mencontek saat ujian sekolah, dan bolos. Setelah adanya budaya sekolah karakter pendidikan peserta didik semakin baik, jika dibandingkan dengan karakter peserta didik sebelum adanya penerapan budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:11
Last Modified: 10 Jun 2020 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9675

Actions (login required)

View Item View Item