Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Pedagang Pasar Dolopo Dalam Memilih Lembaga Keuangan Syariah (Studi pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo)

Kusuma, Lukista Amrin Widya (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Pedagang Pasar Dolopo Dalam Memilih Lembaga Keuangan Syariah (Studi pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Lukista Amrin Widya Kusuma.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada para pedagang pasar Dolopo dalam memilih lembaga keuangan syariah studi pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Di temukan fakta menarik dari para pedagang yang belum menjadi nasabah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Dimana para pedagang memilih untuk menyimpan uangnya di rumah dengan alasan bahwa lebih mudah di ambil setiap waktu. Keadaan ekonomi maupun pekerjaan mereka juga berpengaruh terhadap pendapatan mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok sehingga mereka tidak berfikir untuk menabung di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Selain itu sebagian dari mereka tidak menggunakan jasa BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo karena mereka sudah memiliki tabungan di bank lainnya. Sehingga perlu diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku pedagang pasar Dolopo dalam memilih BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo? Dan (2) Faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi perilaku pedagang pasar Dolopo dalam memilih BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo?

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis faktor.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen pedagang pasar Dolopo dalam memilih BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Tiga faktor yang terbentuk, yaitu pertama faktor pribadi, faktor kedua adalah faktor sosial, dan faktor ketiga adalah faktor budaya. Serta faktor paling dominan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen pedagang pasar Dolopo dalam memilih BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo adalah faktor pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:02
Last Modified: 04 Jun 2020 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9662

Actions (login required)

View Item View Item