Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Ngabar Business Center Ngabar Siman Ponorogo

Azizah, Nila Nur (2020) Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Ngabar Business Center Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NILA NUR AZIZAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nila Nur Azizah, NIM: 210716160, 2020. Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Ngabar Business Center Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag., M.E.I.

Kata Kunci: Harga, Citra Perusahaan, dan Keputusan Pembelian

Swalayan NBC menyediakan kebutuhan para santri dan santriwatinya serta masyarakat sekitar. Dalam penetapan harga produk yang ditawarkan tergolong sedang dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh toko atau swalayan sejenis. Para karyawan swalayan NBC dalam melayani konsumen selalu berusaha memberikan semaksimal mungkin pelayanan yang ramah dan cepat, menyediakan berbagai macam produk, lingkungan yang strategis, bangunan yang memadai dan memiliki sumber daya manusia yang memadai. Namun masyarakat sekitar jarang yang memutuskan untuk membeli di Swalayan NBC ini dan lebih memilih untuk berbelanja di tempat lain. Proses pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti informasi pemasaran (4 P) yaitu product, place, price, promotion dan lingkungan sosial budaya, sebagai input. Dalam proses itu sendiri, ada faktor-faktor internal yang berperan, misalnya motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, sikap dan pengalaman. Perumusan masalah yang diambil sebagai berikut: 1) Apakah variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Ngabar Business Center? 2) Apakah variabel citra perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Ngabar Business Center? 3) Apakah variabel harga dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Ngabar Business Center?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Variabel harga diperoleh thitung sebesar 3,623 > ttabel 1,98472 maka dapat diartikan bahwa variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Swalayan Ngabar Business Center. 2) Variabel citra perusahaan diperoleh thitung sebesar 6,152 > ttabel 1,98472 maka dapat diartikan bahwa variabel citra perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Swalayan Ngabar Business Center. 3) Variabel harga dan citra perusahaan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan menghasilkan nilai F sebesar 82,817 > Ftabel 3,09 maka H0 ditolak. Pengaruh yang diberikan variabel harga dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian sebesar 63,8%. Sedangkan 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:13
Last Modified: 04 Jun 2020 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9658

Actions (login required)

View Item View Item