Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif di RSU Muslimat Ponorogo)

Putri, Aulia Amana (2020) Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif di RSU Muslimat Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES SKRIPSI AULIA AMANA PUTRI KPI 211016055.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putri, Aulia Amana . 2020. Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif di RSU Muslimat Ponorogo). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.

Kata kunci: Strategi Public Relations, Kualitas Pelayanan, RSU Muslimat Ponorogo.

Sebagai instansi yang memberikan jasa pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Banyakanya rumah sakit yang ada membuat pihak rumah sakit selalu berinovasi dan berusaha meningkatkan mutu pelayanan untuk mempertahankan citra perusahaan di hadapan publik. Maka dari itu, berkembangnya rumah sakit tentunya tidak lepas dari adanya strategi public relations dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien, khususnya di RSU Muslimat Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh public relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana strategi human relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Kedua, bagaimana community relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Ketiga, bagaimana media relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Keempat, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung strategi public relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations RSU Muslimat Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien sudah sesuai dengan teori yang dipaparkan peneliti. Pertama, strategi human relations yang dilakukan adalah dengan memelihara hubungan baik dengan karyawan dan pelanggan atau pasien. Kedua, strategi community relations adalah menjaga hubungan baik dengan komunitas dan masyarakat yang ada di sekitar rumah sakit. Ketiga, strategi media relations adalah dengan menggunakan media massa, baik media cetak, elektronik maupun media baru (internet). Keempat, ditemukan faktor penghambat yang dihadapi oleh public relations dalam meningkatkan kualitas pelayanan seperti masalah antrian pendaftaran, kurangnya area lahan parkir, dan kurangnya SDM. Sementara itu, ditemukan pula faktor pendukung yakni adanya media pengantar yang digunakan antara lain adalah media konvensional yakni radio dan televisi, media luar ruang yakni baliho, serta media baru (internet) yakni internet media sosial website, facebook, instagram, dan youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:48
Last Modified: 08 Jun 2020 04:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9625

Actions (login required)

View Item View Item