Strategi Pemasaran Dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga PT.BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan

robu, Anis Diah (2020) Strategi Pemasaran Dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga PT.BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANIS DIAH ROBU 2020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Robu. Anis Diah. Strategi Pemasaran Dalam
Penghimpunan Dana Pihak Ketiga PT.BPRS
UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan.
Kata kunci: Strategi, target pemasaran, bauran pemasaran.
Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu, didalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk dipasar, bauran pemasaran dan tingkat biaya yang diperlukan. Strategi pemasaran hal yang sangat penting bagi perusahaan adapun alat yang digunakan oleh PT. BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasururan dalam kegiatan pemasaran yaitu dengan menggunakan konsep bauran pemasaran 4P meliputi (product, price, place, promotion) namun dalam penghimpunan dana pihak ke tiga belum bisa maksimal dikarenakan nasabah yang lebih mengutamakan pekerjaanya, jarak rumah yang jauh serta tidak memiliki fasilitas seperti bank umum lainnya sehingga malas datang langsung ke kantor untuk menabung hal ini tentu akan mengakibatkan target dana pihak ketiga yang terkumpul belum optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam penghimpunan dana pihak ketiga di PT BPRS UMMU Bangil dan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di PT. BPRS UMMU Bangil. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed study research) mengunakan pendekatan kualitatif. Kualitataif adalah cara kerja peneliti yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil suatu penelitian. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang strategi pemasaran dalam penghimpunan dana pihak ketiga dan dampak strategi pemasaran terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di PT. BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara dengan pegawai bank di PT. BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam penghimpunan dana pihak ketiga yang dilakukan oleh PT BPRS UMMU Bangil Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan strategi pemasaran dengan konsep bauran pemasaran 4P yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) namun komponen dari unsur bauran pemasaran masih belum diterapkan seluruhnya. Sedangkan dampak strategi pemasaran terhadap penghimpunan dana pihak ketiga PT. BPRS UMMU Bangil meski komponen dari unsur bauran pemasaran masih sebagian yang diterapkan ternyata masih bisa berhasil hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya dana pihak ketiga yang terkumpul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:41
Last Modified: 04 Jun 2020 03:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item