Analisis Strategi Pelaksanaan Kinerja Account Officer Dalam Penentuan Kelayakan Pengajuan Pembiayaan KPR di BTN Syariah Madiun

Ayuningsih, Mitha Arum (2020) Analisis Strategi Pelaksanaan Kinerja Account Officer Dalam Penentuan Kelayakan Pengajuan Pembiayaan KPR di BTN Syariah Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload e-thesis-dikonversi.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Account officer mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan produktivitas lembaga. Analisis pembiayaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi bank syariah dalam mengambil keputusan untuk menyetujui atau menolak permohonan pembiayaan dan acuan bagi bank syariah untuk meyakini kelayakan atas permohonan pembiayaan. Tidak seluruh fasilitas pembiayaan akan berjalan lancar, adakalanya pembiayaan tersebut menjadi bermasalah dan tidak dapat terselamatkan. Pembiayaan di BTN Syariah Madiun juga terdapat pembiayaan nasabah yang bermasalah, berdasarkan data bahwa setiap tahunnya pembiayaan bermasalah di bank tersebut semakin meningkat. Jika hal ini dibiarkan akan semakin bertambah dan mempengaruhi provitabilitas serta reputasi bank itu sendiri. Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin mengetahui lebih lanjut tentang praktik pelaksanaan pelayanan pengajuan pembiayaan KPR di BTN Syariah Madiun dan bagaimana pelaksanaan analisis pengajuan pembiayaan oleh account officer.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode induktif.
Penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah yang ada di BTN Syariah Madiun antara lain penilaian karakter, modal, kondisi ekonomi, hambatan dan agunan nasabah. Serta kurangnya prinsip kehati-hatian pada pengecekan dokumen identitas diri sehingga terdapat pemalsuan identitas. Pada tahap pemeriksaan dokumen persyaratan pengajuan pembiayaan diperlukan peninjauan ke alamat yang tertera pada identitas calon nasabah dan melakukan wawancara dengan warga lingkungan sekitar nasabah tentang kebenaran apakah nasabah tersebut tinggal di alamat yang dicantumkan. Account officer juga dapat melakukan survey ke tempat usaha nasabah. Solusi bagi pihak bank yaitu dengan memaksimalkan promosi dan melakukan peningkatan kualitas kinerja account officer dengan melakukan pelatihan dan pendidikan lanjutan yang bertujuan untuk dapat memperdalam teori pemecahan kasus, mengambil keputusan dan kebijakan secara tepat, dan diharapkan koordinasi antar karyawan yang ada dalam perusahaan semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:18
Last Modified: 04 Jun 2020 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9607

Actions (login required)

View Item View Item