Syahrizal, Dani (2020) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI DANI SYAHRIZAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Syahrizal, Dani. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
terhadap Minat Menabung Nasabah di BRI Syariah KCP Ponorogo.
Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Shinta
Maharani, M. Ak
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat
Kualitas produk adalah keseluruhan ciri dari suatu produk atau pelayanan
pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan/tersirat. Kualitas
pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas
tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi tingkat keinginan pelanggan. Minat
adalah sikap jiwa orang seorang termasuk ketiga fungsi jiwanya (kognisi, konasi,
emsoi) yang tertuju pada sesuatu, dan dalam hubungan itu unsur perasaan yang
terkuat. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadi penurunan jumlah nasabah
baru di BRI Syariah KCP Ponorogo dari tahun ke tahun, meskipun pihak bank
sudah memberikan kinerja yang maksimal dalam melayani masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kualitas produk tabungan dan
kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap minat
menabung nasabah di BRI Syariah KCP Ponorogo.
Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada
penelitian ini sebesar 96 orang. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini,
menggunakan teknik sampling incidental. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, secara parsial diperoleh
hasil variabel Kualitas Produk (X1) thitung sebesar 4,141 > ttabel 1,984. Hal ini
berarti bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kualitas produk terhadap minat menabung nasabah. Variabel kualitas pelayanan
(X2) diperoleh thitung sebesar 5,666 > ttabel 1,984, hal ini berarti bahwa secara
parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap
minat menabung nasabah. Hasil dari Uji Ftest menunjukkan bahwa Fhitung (34,689)
> Ftabel (3,09), hal ini berarti bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah di
BRI Syariah KCP Ponorogo dengan pengaruh sebesar 42,7%, sedangkan sisanya
yaitu 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Shinta Maharani |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 03:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 03:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9601 |
Actions (login required)
View Item |