Persepsi Civitas Akademika STKIP PGRI Ponorogo terhadap Marketing Mix Bank Rakyat Indonesia (BRIS)

Pujiati, Dwik (2020) Persepsi Civitas Akademika STKIP PGRI Ponorogo terhadap Marketing Mix Bank Rakyat Indonesia (BRIS). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dwik Pujiati (2020) Persepsi Civitas Akademika STKIP PGRI Ponorogo terhadap Marketing Mix Bank Rakyat Indonesia (BRIS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pujiati, Dwik, 2020, Persepsi Civitas Akademika STKIP PGRI Ponorogo Terhadap Marketing Mix Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ridho Rokamah, MSI.

Kata Kunci: Perilaku, Pemasaran, Minat Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada civitas akademika STKIP PDRI Ponorogo mengenai persepsi mereka terhadap marketing mix pada bank BRI Syariah. Banyak pemahaman jika orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan perbankan syariah maka orang tersebut tidak mengetahui apa itu bank syariah. Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari masyarakat yang dikenal sebagai kaum intelektual. Salah satunya di STKIP PGRI Ponorogo yang merupakan satu-satunya kampus literasi di Ponorogo. Meskipun semua jurusan di sana hanya memiliki latar belakang pendidikan keguruan, namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa tersebut mengetahui perbankan syariah, baik dari tempat, produk, harga dan promosi bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mencari data secara langsung di lokasi penelitian dengan melihat obyek yang diteliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis Snowball sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data, yang pada awalnya jumlahnya sedikit, lama-lama menjadi besar. Rumusan masalah dari penelitian ini diantaranya: Bagaimana persepsi civitas akademika STKIP PGRI Ponorogo tentang marketing mix BRI Syariah? Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi civitas akademika STKIP PGRI Ponorogo tentang marketing mix BRI Syariah? Bagaimana dampak persepsi civitas akademika STKIP PGRI Ponorogo terhadap marketing mix BRI Syariah? Dari hasil analisis dalam penelitian yang telah dijalankan, dapat disimpulkan bahwa: Persepsi civitas akademika STKIP PGRI Ponorogo tentang Marketing Mix BRI Syariah sudah sampai pada tahap respon, yang mana responden mengetahui keberadaan Bank Syariah, produk apa saja yang dimiliki, harga yang dikenakan dan menanggapi promosi yang di lakukan BRI Syariah. Maka persepsi civitas akademika STKIP PGRI Ponorogo dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu informasi yang diterima (internal) dan lingkungan (eksternal, diantaranya adanya tidak adanya keharusan menggunakan bank syariah, ada beberapa anggota keluarga yang sudah menggunakan bank syariah, sudah menggunakan bank konvensional dan bagi mereka satu rekening sudah cukup. Namun persepsi tersebut hanya bersifat kognitif yang berdampak dengan tertundanya menggunakan bank syariah. Artinya meskipun persepsi mereka positif terhadap bank syariah, namun untuk keputusan menggunakan bank syariah masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 01:45
Last Modified: 29 May 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item