Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Mts Darul Muna Ponorogo Tahun Pelajaran2019/2020

Muharromah, Muhammad Miftah Khoirul (2020) Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Mts Darul Muna Ponorogo Tahun Pelajaran2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211416007_Muhammad Miftah Khoirul M.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muharromah, Muhammad Miftah Khoirul. 2020. Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTs Darul Muna Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.
Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata kunci: Analisis Butir Soal, Penilaian Akhir Semester, Ilmu Pengetahuan Sosial
Proses belajar-mengajar di sekolah atau yang lebih dikenal dengan istilah pengajaran merupakan
sebuah proses yang tidak hanya bersifat mekanisme saja, tetapi juga memiliki visi, misi, dan tujuan sebagai
target yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan pendidikan maka disusunlah sebuah kurikulum yang
berfungsi sebagai rencana tujuan, bahan, media, maupun metode yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran. Di dalam kurikulum terkandung mengenai standar pendidikan nasional yang menjadi tolok
ukur dari seluruh elemen pendidikan di Negara Indonesia. Dalam standar nasional pendidikan berisi
mengenai proses, isi, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,
pembiayaan dan penilaian pendidikan. Serangkaian penilaian tersebut dilaksanakan untuk mengetahui
kemampuan peserta didik. Mengingat pentingnya intrumen dalam kaitan ini adalah soal-soal tes tersebut
dalam proses penilaian capaian peserta didik, maka dalam melaksanakan Penilaian Akhir Semester
dibutuhkan instrumen butir soal yang berkualitas sehingga dapat menjamin kualitas tes yang disajikan kepada
peserta didik. Untuk mendapatkan soal yang bermutu maka sebelum soal digunakan setiap butir soal perlu
dianalisis terlebih dahulu. Maka dari itu perlu sekali adanya analisis butir soal
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah mengetahui kualitas butir soal
dari Penilaian Akhir Semester Gasal pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTs Darul Muna
Ponorogo, yang mana dari pengetahuan tersebut dapat ditindak nlanjuti dengan memasukkan soal yang
berkualitas baik dalam bank soal dan dapat merefisi atau membuang soal yang memiliki kualitas kurang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan mengukur kualitas soal dengan uji validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran, daya beda
dan fungsi pengecoh secara manual dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini memanfaatkan teknik dokumentasi berupa soal, kisi-kisi soal, kunci jawaban soal,
dan jawaban peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis butir soal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda,
dan fungsi pengecoh dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MTs Darul Muna Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 merupakan
soal yang berkualitas cukup baik. karena yang memenuhi kriteria soal yang baik (sangat baik, baik, sedang)
pada soal kelas VII berjumlah 38 dari 50 butir (76%), pada kelas VIII berjumlah 44 dari 50 butir soal (88%),
kelas IX berjumlah 35 dari 50 butir soal (70%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:09
Last Modified: 04 Jun 2020 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item