Konsep Nasionalisme Dalam Kitab Idhotun Nasyiin Karya Syaikh Musthofa Al Gholayaini Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Pkn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Hanif, Ainun Alwan (2020) Konsep Nasionalisme Dalam Kitab Idhotun Nasyiin Karya Syaikh Musthofa Al Gholayaini Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Pkn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI APLOUD PERPUSTAKAAN ethesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alwan Hanif, Ainun. 2020. Konsep Nasionalisme dalam Kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n
Karya Syaikh Musthofa Al- Gholayaini dan Relevansinya dengan Materi
Ajar PKn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci : Konsep Nasionalisme, Kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n, Materi PKn Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah.
Pada era modern sekarang banyak sekali kejadian yang menunjukkan bahwa
paham nasionalisme mulai luntur dari kehidupan masyarakat, khususnya di tingkat
remaja dan anak-anak, termasuk di dalamnya adalah siswa tingkat madrasah
ibtidaiyah (MI), contohnya pada saat upacara bendera, masih banyak anak yang
tidak mengerti arti dari upacara tersebut, yang merupakan sarana menghormati,
menghargai pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan. Selain itu banyak
anak tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang tidak hafal lagu wajib nasional, lagu daerah,
bahkan lagu Indonesia raya yang seharusnya menjadi kebanggaan untuk kita
nyanyikan, namun mereka menyanyikannya dengan seenaknya dan tanpa sikap
siap, bahkan tidak hafal dengan dasar negara yaitu pancasila.
Padahal, Konsep nasionalisme sudah diajarkan melalui mata pelajaran PKn
di mana materi nasionalisme dibahas secara khusus dalam sumber belajarnya.
Sementara itu, pada pendidikan pesantren terdapat sumber belajar lain yang juga
berisi konten nasionalisme, yaitu kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n yang boleh jadi dapat
digunakan untuk memperkaya materi PKn di sekolah pada umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali konsep nasionalisme dalam
kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n karya Syaikh Musthofa Al- Gholayaini dan (2) mencari
relevansi konsep nasionalisme dalam kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n dengan materi ajar
PKn kelas V madrasah ibtidaiyah. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi
kepustakaan (Library Research), yaitu mengkaji isi kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n karya
Syaikh Musthofa Al- Gholayaini. Adapun teknis analisis data yang penulis gunakan
dalam penelitian ini adalah induktif, yaitu proses berpikir yang diawali dari fakta-
fakta pendukung yang spesifik, menuju kearah yang lebih umum untuk mencapai
kesimpulan.
Penelitian ini menemukan: (1) Konsep nasionalisme yang terkandung dalam
‘Iz}otun Na>shi’i>n bab wat}haniyyah dipaparkan dalam bentuk nasihat-nasihat
kebangsaan dalam bingkai agama untuk membangkitkan paham nasionalisme
remaja, terdiri dari pengertian nasionalisme, ciri-ciri nasionalisme, menghargai jasa
pahlawan, moral, mengabdi pada masyarakat, pendidikan, ekonomi. (2) konsep
nasionalisme yang terkandung dalam kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n relevan dengan materi
ajar PKn kelas V madrasah ibtidaiyah dilihat dari aspek kompetensi inti (KI) dan
kompetensi dasar (KD) pendidikan kewarganegaraan (PKN) kelas V Madrasah
Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:01
Last Modified: 08 Jun 2020 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9507

Actions (login required)

View Item View Item