pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa smp negeri 1 parang magetan tahun pelajaran 2019/2020

utomo, pandika wahyu (2020) pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa smp negeri 1 parang magetan tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PANDIKA WAHYU UTAMA.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Utomo, Pandika Wahyu. 2019. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Tingkat Relisius Siswa SMP Negeri 1 Parang Tahun Pelejaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nurul Khasanah, M.Pd.

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Kompetensi Sosial Guru, Tingkat Religius Siswa

Dalam dunia pendidikan guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem pendidikan. Guru dituntut memiliki kompetensi guru professional, diantaranya adalah kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Peran guru tidak hanya mentransfer pendidikan akademis saja tetapi juga pendidikan karakter. Hal ini mengisyaratkan bahwa mutu pendidikan karakter peserta didik sangat penting untuk ditingkatkan. Salah satu nilai yang ada dalam pendidikan karakter adalah nilai religius. Nilai religius merupakan bagian penting dari kepribadian seseorang yang dapat dijadikan sebagai orientasi moral, internalisasi nilai-nilai keimanan, serta sebagai etos kerja dalam meningkatkan keterampilan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap tingkat religius siswa SMP Negeri 1 Parang, (2) pengaruh kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa SMP Negeri 1 Parang, dan (3) pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa SMP Negeri 1 Parang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimental. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Parang dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang menjadikan seluruh populasinya menjadi sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap tingkat religius siswa sebesar 31,6 %, dan sisanya 68,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa sebesar 27,1%, dan sisanya 72,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap tingkat religius siswa sebesar 44,2%, dan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: nurul khasanah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:36
Last Modified: 04 Jun 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item