Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Dikolaborasikan Dengan Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Oktasiwi, Destia Nara (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Dikolaborasikan Dengan Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DESTIA NARA OKTASIWI_210616205.ethesses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Oktasiwi, Destia Nara. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Dikolaborasikan Dengan Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M. Si.

Kata Kunci: Team Quiz Dikolaborasikan Dengan Small Group Discussion, Keaktifan Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo mengenai mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya penggunaan strategi aktif pada proses pembelajaran mata peelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz dikolaborasikan dengan small group discussion pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif team quiz dikolaborasikan dengan small group discussion pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang berupa pengkajian masalah-masalah pembelajaran di dalam kelas yang tidak di-setiing untuk kepentingan penelitian secara khusus, akan tetapi PTK berlangsung dalam keadaan situasi dan kondisi yang riil tanpa direkayasa. Adapun subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo yang berjumlah 28 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes.
Dari analisis data ditemukan (1) Penerapan strategi team quiz dikolaborasikan dengan small group discussion dimulai dari tahap pertama yaitu Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok sesuai dengan topik pokok bahasan. Kedua, siswa berdiskusi secara berkelompok sesuai dengan topik yang telah ditentukan oleh guru. Ketiga, kelompok A memyampaikan hasil diskusi malaui presentasi. Keempat, kelompok A memberikan pertayaan kepada kelompok B, apabila kelompok B tidak bisa menjawab bisa dilemparkan kepada kelompok lain, dan seterusnya. Kelima, kelompok yang menjawab dengan tepat akan diberi skor.
(2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA materi sistem pencernaan mengalami peningkatan. Dari hasil analisis, pada prasiklus diperoleh nilai sebesar 30,88% dengan keterangan sangat tidak aktif, siklus I diporeleh nilai sebaesar 67,64% dengan keterangan cukup aktif, dan siklus II diperoleh nilai sebesar 86,02% dengan keterangan aktif
Berdasarkan data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa secara umum terjadi peningkatan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:32
Last Modified: 09 Jun 2020 03:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9503

Actions (login required)

View Item View Item