Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa di MTs Putri Ma'arif Ponorogo Pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Mama, Nuryana (2020) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa di MTs Putri Ma'arif Ponorogo Pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURYANA MAMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mama, Nuryana. 2020. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa di MTs
Putri Ma’arif Ponorogo Pada mata Pelajaran Sejarah Kebydayaan Islam. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN Ponorogo). Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering
mengalami kesulitan dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada
menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh
karena itu perlu adanya khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Putri Ma’arif Ponorogo pada mata pelajaran
sejarah kebudayaan Islam. (2) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di MTs
Putri Ma’arif Pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar SKI siswa di MTs
Putri Ma’arif Ponorogo dapat diketahui bahwa motivasi belajarnya sudah maksimal. Hal ini
terbukti ketika pembelajaran berlangsung bagaimana guru bisa membuat siswa bisa
bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar mengajar
guru harus menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar SKI yaitu
Strategi mengatasi siswa yang kurang minat terhadap mata pelajaran SKI diantanya:
Memberikan penguatan sebelum memulai pembelajaran, memberika nilai kepada siswa,
memberi pujian kepada siswa yang cenderung beranggapan bahwa pelajaran SKI itu
membosankan yaitu memanfaatkan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:31
Last Modified: 04 Jun 2020 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item