Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Smartphone Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

A'limah, Dyah Latifatul (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Smartphone Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316017_DYAH LATIFATUL A'LIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316017_DYAH LATIFATUL A'LIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

A’limah, Dyah latifatul. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Smartphone Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Penggunaan Smartphone, Prestasi Belajar PAI
Prestasi belajar banyak diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang dicapai siswa dalam menguasai tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Prestasi belajar menjadi penanda kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan. Namun berdasarkan hasil observasi peneliti di SMPN 1 Sambit ditemukan masih terdapat beberapa siswa yang belum mampu mencapai tujuan pendidikan dalam hal prestasi belajar. terutama pada mata pelajaran PAI masih ada siswa yang nilainya di bawah KKM. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya, lingkungan keluarga dan penggunaan smartphone sebagai media belajar merupakan 2 faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar. Dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga dan penggunaan smartphone sebagai media belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambit.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambit; 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh Penggunaan Smartphone sebagai media belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambit; 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga dan penggunaan smartphone sebagai media belajar terhadap prestasi belajar pai siswa kelas vii smp negeri 1 sambit.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian ex post facto. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit sebesar 47.3% dengan t hitung 5,561 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05); 2) Penggunaan Smartphone berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit sebesar 32,9% dengan t hitung 5,561 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05); 3) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Smartphone Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit. dengan sebesar 50,7% dengan Fhitung 31,848 dan nilai signifikasi 0,000 (< 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2020 04:54
Last Modified: 27 May 2020 04:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item