[DAFTAR PUSTAKA BELUM ADA] Konsep Nasionalisme Dalam Kitab Idhotun Nasyiin Karya Syaikh Musthofa Al Gholayaini Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Pkn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Hanif, Ainun Alwan (2020) [DAFTAR PUSTAKA BELUM ADA] Konsep Nasionalisme Dalam Kitab Idhotun Nasyiin Karya Syaikh Musthofa Al Gholayaini Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Pkn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AINUN ALWAN HANIF_210616023 _PERPUSTAKAAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alwan Hanif, Ainun. 2020. Konsep Nasionalisme dalam Kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n
Karya Syaikh Musthofa Al- Gholayaini dan Relevansinya dengan Materi Ajar
PKn Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci : Konsep Nasionalisme, Kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n, Materi PKn Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah.
Pada era modern sekarang banyak sekali kejadian yang menunjukkan bahwa
paham nasionalisme mulai luntur dari kehidupan masyarakat, khususnya di tingkat
remaja dan anak-anak, termasuk di dalamnya adalah siswa tingkat madrasah ibtidaiyah
(MI), contohnya pada saat upacara bendera, masih banyak anak yang tidak mengerti
arti dari upacara tersebut, yang merupakan sarana menghormati, menghargai pahlawan
yang telah berjuang meraih kemerdekaan. Selain itu banyak anak tingkat Madrasah
Ibtidaiyah yang tidak hafal lagu wajib nasional, lagu daerah, bahkan lagu Indonesia
raya yang seharusnya menjadi kebanggaan untuk kita nyanyikan, namun mereka
menyanyikannya dengan seenaknya dan tanpa sikap siap, bahkan tidak hafal dengan
dasar negara yaitu pancasila. Padahal, Konsep nasionalisme sudah diajarkan melalui
mata pelajaran PKn di mana materi nasionalisme dibahas secara khusus dalam sumber
belajarnya. Sementara itu, pada pendidikan pesantren terdapat sumber belajar lain yang
juga berisi konten nasionalisme, yaitu kitab ‘Iz}otun Na>shi’i>n yang boleh jadi dapat
digunakan untuk memperkaya materi PKn di sekolah pada umumnya.
Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali konsep
nasionalisme dalam kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n karya Syaikh Musthofa Al- Gholayaini dan
(2) mencari relevansi konsep nasionalisme dalam kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n dengan materi
ajar PKn kelas V madrasah ibtidaiyah.
Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research), yaitu
mengkaji isi kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n karya Syaikh Musthofa Al- Gholayaini. Adapun
teknis analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah induktif, yaitu
proses berpikir yang diawali dari fakta-fakta pendukung yang spesifik, menuju kearah
yang lebih umum untuk mencapai kesimpulan.
Penelitian ini menemukan: (1) Konsep nasionalisme yang terkandung dalam
‘Iz}otun Na>shi’i>n bab wat}haniyyah dipaparkan dalam bentuk nasihat-nasihat
kebangsaan dalam bingkai agama untuk membangkitkan paham nasionalisme remaja,
terdiri dari pengertian nasionalisme, ciri-ciri nasionalisme, menghargai jasa pahlawan,
moral, mengabdi pada masyarakat, pendidikan, ekonomi. (2) konsep nasionalisme
yang terkandung dalam kitab‘Iz}otun Na>shi’i>n relevan dengan materi ajar PKn kelas V
madrasah ibtidaiyah dilihat dari aspek kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD)
pendidikan kewarganegaraan (PKN) kelas V madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2020 04:57
Last Modified: 27 May 2020 04:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9479

Actions (login required)

View Item View Item