implementasi metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa di mts miftahussalam kambeng

Choiri, Arhab Rizal (2020) implementasi metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa di mts miftahussalam kambeng. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316062_ ARHAB RIZAL CHOIRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Choiri, Arhab Rizal, 2020. Implementasi Metode An-Nahdiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Miftahussalam Kambeng. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Faktor Pendukung dan Penghambat.
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah membikin tepat bacaan per huruf nya. Yakni masing-masing huruf perhuruf nya bisa terbaca dengan benar, dengan semua ketentuan bacaan nya, dengan menggunakan tajwid. Tujuan ilmu tajwid adalah untuk memelihara bacaan Al-Qur’an dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan dari kesalahan membaca. Agar tujuan tersebut bisa tercapai maka dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Miftahussalam menggunakan metode An-Nahdliyah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Miftahussalam Kambeng. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode An-Nahdiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTs Miftahussalam Kambeng. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi metode An-Nahdiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Adapun hasil hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Miftahussalam rata-rata siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an namun juga ada beberapa siswa yang belum bisa membaca bahkan belum hafal huruf hijaiyah. (2) Pelaksanaan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di MTs Miftahussalam sudah terimplementasikan sesuai dengan teori An-Nahdliyah. (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat. Faktor Pendukung: Anak memiliki semangat yang tinggi dan punya basic membaca Al-Qur’an dari awal, Profesionalisme guru dalam menggunakan metode An-Nahdliyah, Perhatian dan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar, media penyampaian nya menggunakan stick untuk membuat ketukan. Faktor Penghambat: kurangnya semangat, minat siswa dalam mengikuti pelajaran An-Nahdliyah, ketidakmampuan siswa itu sendiri, kurang nya pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, Kurang nya perhatian dan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar, Kurang nya sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: erwin yudi prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:21
Last Modified: 08 Jun 2020 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item