pengembangan instrumen penilaian efikasi diri siswa smp dalam bentuk tes butir soal pada pembelajaran ipa

Amalina, Wafa (2020) pengembangan instrumen penilaian efikasi diri siswa smp dalam bentuk tes butir soal pada pembelajaran ipa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PERPUS_211316006_WAFA AMALINA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Amalina, Wafa. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Efikasi Diri Siswa SMP dalam
Bentuk Tes Butir Soal pada Pemblajaran IPA. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing,
Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan instrumen penilaian efikasi diri dalam bentuk tes butir soal,
kemampuan efikasi diri siswa.
Pendidikan abad 21 membutuhkan kemampuan untuk mendorong siswa dalam
mengeksplor diri, salah satunya adalah kemampuan efikasi diri. Kemampuan ini sangat penting
dalam pembelajaran karena membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa,
sehingga perlu dilakukan pengukuran sebagai bahan evaluasi baik bagi pendidik maupun bagi
siswa itu sendiri agar dapat memotivasi diri siswa dalam kegiatan belajar setelah mengetahui
tingkat efikasi diri yang dimilikinya. Instrumen untuk mengukur kemampuan efikasi selama ini
masih berupa angket efikasi diri yang dirasa masih kurang objektif dan belum berkaitan dengan
materi pembelajaran. Maka dari itu, perlu kiranya untuk dilakukan penelitian pengembangan
instrumen penilaian efikasi diri dalam bentuk tes butir soal pada pembelajaran IPA yang layak
digunakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui serta mendeskripsikan validitas,
kepraktisan serta efektivitas produk yang dikembangkan dalam mengukur kemampuan efikasi
diri siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D, dengan sampel beberapa siswa
kelas VII di SMPN 4 Ponorogo yang dipilih secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes,
kuesioner serta observasi, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif
kuantitatif dan statistik inferensial menggunakan uji t dan uji korelasi. Adapun hasil penelitian
yang diperoleh yaitu, 1) instrumen penilaian efikasi diri dalam bentuk tes butir soal layak
digunakan dengan revisi kecil baik secara konten maupun konstruk dengan skor CVR Index
yang diperoleh sebesar 1. 2) penggunaan produk ini memiliki tingkat kepraktisan dengan melihat
beberapa unsur, seperti validitas soal yang menghasilkan beberapa butir soal yang valid,
reliabilitas soal yang baik dengan nilai 0,646 atau soal dikatakan reliabel, daya pembeda soal
yang masih kurang, tingkat kesukaran soal yang sudah baik, serta respon positif siswa pada
beberapa aspek memiliki skor > 75%. 3) instrumen ini secara efektif dikembangkan untuk
mengukur efikasi diri dengan melakukan uji korelasi antara instrumen penilaian efikasi diri
dalam bentuk tes butir soal dengan instrumen angket efikasi diri, yang secara umum kedua
instrumen tersebut memiliki korelasi yang positif atau searah. Produk ini diharapkan dapat
membantu pendidik dalam membuat instrumen penilaian kemampuan efikasi diri terutama pada
pembelajaran IPA, yang secara tidak langsung juga dapat membantu mengukur ketercapaian
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:04
Last Modified: 04 Jun 2020 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item