Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think Talk Write Pada Tema Sistem Organ Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Di SMP N 2 Ponorogo

Zulfa, Alfi Rodhiyah (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think Talk Write Pada Tema Sistem Organ Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Di SMP N 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ALFI RODHIYAH ZULFA_211316004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zulfa, Alfi Rodhiyah. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Think Talk Write Tema Sistem Organ Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Komuniksi Sains di SMPN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wiraran Fadly, M.Pd.
Kata kunci: pengembangan LKPD berbasis TTW, keterampilan komunikasi sains
Abad 21 menuntut peserta didik untuk menguasai keterampilan proses sains. Salah satunya adalah keterampilan komunikasi sains. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan komunikasi sains di SMPN 2 Ponorogo yang tergolong masih kurang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 56 berdaasarkan nilai KKM 75. Hal itu perlu ditunjang dengan media pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menguasainya melalui aktifitas komunikasi berupa menulis, membaca, presentasi komunikasi. LKPD berbasis TTW adalah produk media pembelajaran yang berisi kegiatan menulis, membaca, diskusi dan presentasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas, kepraktisan serta efektivitas produk dalam menigkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik pada tema sistem organ pada manusia kelas VIII SMPN 2 Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D melalui 5 tahapan, yaitu 1) draft produk, 2) validasi produk, 3) prototype, 4) uji coba produk, 5) hasil akhir produk. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes yang kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif menggunakan analisis N-Gain dan statistik inferensial menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini adalah 1) LKPD berbasis TTW yang dikembangkan layak digunakan baik secara konten maupun konstruk dengan perolehan skor valid 80,5%. 2) Secara penggunaannya memiliki tingkat kepraktisan sebesar 77% berdasarkan aspek kemenarikan, materi dan bahasa. 3) LKPD berbasis TTW yang dikembangkan secara efektif meningkatkan keterampilan komunikasi sains dengan signifikansi (α = 0.05) serta perolehan nilai N-Gain sebesar 58.68. LKPD yang dikembangkan dapat memfasilitasi kegiatan ilmiah selama proses pembelajaran serta membantu peserta didik menguasai keterampilan proses sains. LKPD tersebut dapat dijadikan sebagai solusi bagi guru untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada peserta didik sesuai tuntutan pembelajaran saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:01
Last Modified: 04 Jun 2020 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item