Strategi Humas dalam Menciptakan School Branding (Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDMT)Ponorogo

Setyaningsih, Desi Lestari (2020) Strategi Humas dalam Menciptakan School Branding (Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDMT)Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211216039_DESI LESTARI SETYANINGSIH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

DESI LESTARI SETYANINGSIH. 2020. Strategi humas dalam menciptakan school branding (Penelitian Kualitatif di SDMT Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’Fathoni, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Humas dalam Menciptakan School Branding
Pendidikan agama dibangun dan diwujudkan sebagai pendidikan dasar formal yang harus dibentuk mulai sejak dini. Penanaman nilai harus merujuk pada akidah serta akhlak yang baik bagi siswa sesuai dengan standar pendidikan nasional. Nilai-nilai agama harus dibiasakan agar siswa dapat terlatih untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Pentingnya sebuah pendidikan agama, maka kepala sekolah dan 9 pendiri sekolah dasar formal SDMT, yang tidak lepas dari strategi humas berupaya untuk menetapkan sebuah branding bagi SDMT, yaitu karakter religius. Pemasaran dalam bidang pendidikan menghasilkan kepuasan peserta didik serta kesejahteraan stakeholder lembaga pendidikan dalam jangka panjang. Secara umum strategi pemasaran jasa pendidikan diterapkan dalam konteks lembaga pendidikan secara keseluruhan. Dalam hal ini humas sangat berperan penting dalam tujuan pemasaran lembaga pendidikan dan untuk membentuk kepribadian siswa berdasarkan nilai Islam-Kemuhammadiyahan melalui proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan pengembangan dan yang simultan dengan menerapkan karakter religius.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana strategi humas dalam mengkomunikasikan branding SDMT kepada masyarakat, (2) Bagaimana strategi humas dalam membuktikan branding SDMT kepada masyarakat, (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap branding di SDMT.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah Redukasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi humas dalam mengkomunikasikan branding SDMT kepada masyarakat yaitu melalui sosial media seperti instagram, facebook, twitter, dan yang masih dalam proses pengembangan melalui youtube. Hal ini dirasa penting karena komunikasi adalah alat yang paling penting dan efektif dalam memperkenalkan branding kepada masyarakat. Branding yang dikomunikasikan kepada masyarakat meliputi kegiatan-kegiatan yang menyangkut agama atau religiusnya, seperti dasar agamanya kuat, ikhlas, beradap, menyanyangi orangtua, bisa sholat, yasinan, berwudhu, sholawatan, dll. (2) Strategi humas dalam membuktikan branding SDMT kepada masyarakat dilakukan setiap saat dan ada kesempatan. Pembuktian yang dapat ditunjukkan melalui kemampuan yang dijadikan bahan dasar dalam branding. Adapun pembuktian yang selalu diterima oleh masyarakat dilihat dari bentuk prestasi-prestasi siswa yang diperlihatkan atau ditonjolkan baik dalam sekolah maupun luar sekolah seperti Tartil, Tahfidz, Olahraga, Tilawah, Qiro’ah, Ataupun dalam bidang akademik lainnya. (3) Respon masyarakat terhadap branding SDMT selama ini adalah respon positif sebagai bentuk dukungan dalam perkembangan dan kemajuan branding SDMT sendiri. Respon yang dihasilkan adalah dengan semakin meningkatnya peminat untuk siswa baru yang menginginkan untuk belajar di sekolah dasar formal atau SDMT Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa’Fathoni.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:01
Last Modified: 04 Jun 2020 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item