[SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BELUM ADA] Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo

Asmirotun, Siti (2020) [SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BELUM ADA] Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SITI ASMIROTUN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Asmirotun, Siti, 2020. Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran : 2019–2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kedisiplinan Siswa, Akhlak, Nilai-Nilai Religiusitas.
Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting ditanamkan pada diri sendiri setiap individu. Tidak ada hal yang paling penting dalam menejemen diri dibandingkan dengan disiplin. Selain pentingnya menemukan arah dan tujuan yang jelas, disiplin merupakan syarat mutlak untuk mencapai mimpi atau melaksanakan misi hidup.
Nilai religiusitas perlu ditanamkan pada diri siswa, karena religiusitas mencangkup konsep ketuhanan, ibadah dan moral. Semuaitu dapat diberikan sejak dini sehingga nilai religiusitas tersebut mampu membentuk pribadi siswa dan dapat mengakar secara kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang kehidupannya.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan realita kedisiplinan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan jenis penelitian studi kasus tentang peningkatan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Teknik mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah realita kedisiplinan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo sudah baik, terbukti dari setiap pagi melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjamaah, membaca al–qur’an sebelum kegiatan pelajaran dimulai, dan menghafal surat-surat pendek. Sedangkan peran guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai religiusitas di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo berperan sebagai teladan, pelaksana pembiasaan, penasihat, ibadah dan disiplin dalam menumbuhkan nilai-nilai ibadah, keteladanan, ruhaniah, dan nilai amanah atau ikhlas melalui pembiasaan sholat dhuha, sholat dhuhur secara berjamaah, membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan sebelum kegiatan pelajaran di mulai, dan hafalan surat–surat pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:51
Last Modified: 04 Jun 2020 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9451

Actions (login required)

View Item View Item