Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Prsetasi Belajar Fiqih Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020.

Yanti, Dwi (2020) Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Prsetasi Belajar Fiqih Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS_210316025_DWI_YANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yanti, Dwi. 2020. Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Prestasi Belajar Fiqih Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo MadiunTahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M,Si.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Prestasi Belajar.
Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, terutama dalam hal belajar, peserta didik memiliki perbedaan dalam belajar dan memproses informasi. Selain itu, pendidik juga seharusnya selalu meningkatkan kompetensi mengajarnya, terutama dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Dengan memahami keragaman gaya belajar yang dimiliki peserta didiknya, pendidik akan lebih mudah dalam memilih strategi ataupun metode pembelajaran yang akan diterapkan dikelasnya. Namun berbeda dengan MTs Miftahul Ulum Kradinan, disana didapatkan bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih berlangsung secara pasif sehingga berimplikasi terhadap prestasi belajar siswa yang rendah terutama pada mata pelajaran Fiqih. Masalah tersebut terjadi dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran yang disebabkan monotonnya metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengajar dan kurangnya pemahaman guru terkait keberagaman gaya belajar yang dimiliki siswanya. Padahal, minimnya variasi mengajar yang digunakan oleh pendidik akan mengakibatkan kejenuhan belajar dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan karena masih bersifat abstrak.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah gaya belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun tahun pelajaran 2019-2020. (2)Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun tahun pelajaran 2019-2020. (3) Untuk mengetahui apakah gaya belajar siswa dan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun tahun pelajaran 2019-2020.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode expost facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 58 responden dan peneliti menggunakan teknik sampling jenuh untuk mengambil sampel yaitu sejumlah 50 responden, sedangkan 8 responden lainnya digunakan untuk uji keterbacaan angket penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi liner sederhana dan berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan karena nilai t hitung > t tabel yaitu 9.138 > 1,67 dan nilai sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh adalah 63.5% dengan persamaan regresinya adalah Y = -12,936 + 1.274X, (2) Metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan karena nilai t hitung > t tabel yaitu 6,751 > 1,67 dan nilai sig. < α yaitu 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh adalah 48,7% dengan persamaan regresinya adalah Y = -2.582 + 1.147X, (3) Gaya belajar siswa dan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar fiqih kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Kradinan karena nilai F hitung > F tabel yaitu 94,029 > 3,18 dan nilai Sig. <  yaitu 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh adalah 80% dengan persamaan regresinya adalah Y= -36.524 + 0,981X1 + 0,732X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:42
Last Modified: 04 Jun 2020 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9446

Actions (login required)

View Item View Item