Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Muslim dalam Menggunakan Jasa Salon Syariah (Studi Pada Salon Syariah Rosana Jetis Ponorogo)

Nur Rahma, Mevianti (2020) Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Muslim dalam Menggunakan Jasa Salon Syariah (Studi Pada Salon Syariah Rosana Jetis Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI MEVIANTI E-THESES .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahma, Mevianti Nur. Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Muslim dalam Menggunakan Jasa Salon Syariah (Studi Pada Salon Syariah Rosana Jetis Ponorogo). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.

Kata kunci: Salon Syariah, Layanan Halal, Syariat Islam
Salon syariah merupakan suatu bisnis salon kecantikan yang di dalamnya mengandung unsur bisnis Islam dan menerapkan ajaran Islam (sesuai syariat Islam). Salon Syariah Rosana adalah salon syariah yang ada di Ponorogo. Dalam mengonsumsi jasa salon, konsumen dapat merasakan pelayanan dan mengevaluasi hasil pelayanan dalam salon tersebut. Sama halnya di Salon Syariah Rosana yang telah menerapkan jasa layanan salon sesuai salon pada umumnya tetapi juga menerapkan layanan halal sesuai dengan syariat Islam. Sehingga terdapat perbedaan layanan antara salon biasa dengan salon syariah yaitu adanya beberapa larangan perawatan yang tidak sesuai dalam Islam. Beberapa konsumen muslim tidak setuju dengan hal itu karena dirasa layanan dalam salon syariah tidak bisa memuaskan keinginannya, padahal jika melihat kebutuhan konsumen muslim jasa salon dengan layanan halal merupakan jasa yang paling pas dikonsumsi karena telah sesuai dengan Syariat Islam Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen muslim dalam menggunakan jasa Salon Syariah Rosana Jetis Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada Konsumen Muslim Salon Syariah Rosana Jetis Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan konsumen muslim melalui beberapa tahapan yaitu tahap pra pembelian yang meliputi pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan keputusan pembelian. Dilanjutkan tahap interaksi layanan jasa dan terakhir tahap pasca interaksi layanan jasa. Dari hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa konsumen muslim memutuskan untuk menggunakan jasa Salon Syariah Rosana karena beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain faktor harga, tempat, lingkungan fisik, proses, dan layanan karyawan salon. Padahal selain faktor tersebut sebagai seorang konsumen muslim, faktor utama yang harus dipertimbangkan adalah faktor kehalalan baik produk maupun jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:54
Last Modified: 02 Jun 2020 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9433

Actions (login required)

View Item View Item