Sari, Shilvi Nofita (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Ummi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas VI di MI Ma'arif Panjeng Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nofita Sari, Shilvi. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Ummi Dan Motivasi
Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas VI Di MI
Ma‟arif Panjeng Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Pengunaan Metode Ummi, Motivasi Belajar,
Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Sumber pendidikan Islam adalah acuan atau rujukan yang memancar
ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang ditransinternalisasikan. Tujuan
pendidikan Islam yaitu agar anak mempunyai pengetahuan tentang Islam
serta meyakini dan mengamalkan ajaran agamanya sehingga anak menjadi
seseorang yang berkepribadian muslim. Melalui pembelajaran pendidikan
Islam yang mencakup kajian dalam hal membaca Al-Quran, siswa diarahkan
untuk menumbuh kembangkan pengetahuannya tentang Al-Quran, sehingga
memperoleh pengetahuan yang baik dan benar. Berdasarkan pada hasil
penelitian, masih ditemukan beberapa siswa yang dalam kemampuan
membacanya masih rendah, tetapi secara umum kemampuan membaca siswa
kelas VI berkategori cukup baik. Karena dalam kodratnya setiap kemampuan
siswa berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kecerdasan masing-masing.
Dalam hal inilah, perlu dilakukan peningkatan pembelajaran dengan metode
yang baik dan motivasi belajar siswa agar siswa dapat terdorong untuk
belajar lebih giat, rajin, semangat. Sehingga nantinya kemampuan membaca
Al-Quran siswa dapat meningkat semangkin tinggi.
Dalam penelitian ini memeliki beberapa tujuan yaitu (1) untuk
mengetahui pengaruh penggunaan metode ummi terhadap kemampuan
membaca Al-Quran siswa kelas VI di MI Ma‟arif Panjeng tahun pelajaran
2019/2020. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan motivasi belajar
terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI di MI Ma‟arif
Panjeng tahun pelajaran 2019/2020. (3) untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan
membaca Al-Quran siswa kelas VI di MI Ma‟arif Panjeng tahun pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan uji hipotesis analisis regresi sederhana dan berganda. Populasi
penelitian ini yaitu kelas VI yang berjumlah 45 siswa, dan sampel diambi
secara keseluruhan karena populasi kurang dari 100. Pengambilan data
menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) ada pengaruh antara penggunaan
metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI di
MI Ma‟arif Panjeng Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, dengan hasil yang
diperoleh thitung 4,169 > ttabel 2,017 dengan taraf signifikannya 0,000 dan hasil
persentase sebesar 28,8% sedangkan 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
(2) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan membaca AlQuran siswa kelas VI di MI Ma‟arif Panjeng Ponorogo tahun ajaran
2019/2020, dengan hasil yang diperoleh thitung 5,548 > ttabel 2,017 dengan
taraf signifikannya 0,000 dan hasil persentase sebesar 41,7% sedangkan
58,3% dipengaruhi oleh variabel lain. (3) ada pengaruh yang signifikan
antara penggunaan metode ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan
membaca Al-Quran siswa kelas VI di MI Ma‟arif Panjeng Ponorogo tahun
ajaran 2019/2020, dengan hasil yang diperoleh Fhitung 15,567 > Ftabel 3,21,
yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dengan hasil persentase
sebesar 46,2% sedangkan 53,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 02:52 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 03:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9430 |
Actions (login required)
View Item |