Kurnianti, Ratna Eka (2020) Kegiatan Outbond Dalam Menananamkan Karakter Keberanian Siswa Di MI Terpadu Bina Putra Cendikia Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI_RATNA EKA KURNIANTI (210616061).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurnianti, Ratna Eka. 2020, Kegiatan Outbond Dalam Menanamkan Karakter
Keberanian Siswa Di MI Terpadu Bina Putra Cendikia Ponorogo.
Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Isntitut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci : Kegiatan Outbond, Karakter, Keberanian.
Madrasah Ibtida‟iyah Terpadu Bina Putra Cendikia (MITBPC) berdiri
dibawah naungan Yayasan Ibnu Rosadi, didirikan sebagai altenatif jawaban atas
persoalan pendidikan yang berkembang di kalangan masyarakat. Dari sekian
banyak siswa di MI Terpadu Bina Putra Cendikia, masih terdapat siswa yang
kurang memiliki keberanian baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Untuk
mnanamkan atau membentuk karakter siswa di MI Terpadu Bina Putra Cendikia
yaitu dengan melalui pembiasaan setiap harinya. Pendidikan karakter bukanlah
hal baru di Indonesia. Tokoh-tokoh pendidik Indonesia pra kemerdekaan seperti
Ki Hajar Dewantara, telah mengajarkan pendidikan karakter melalui prakter
pendidikan yang mengungsung kompetensi alam murid, bukan dengan perintah
paksaan, tetapi dengan tuntunan. Cara mendidik seperti ini lebih dikenal dengan
pendekatan among yang lebih menyentuh pada tataran etika dan perilaku yang
tidak terlepas dengan karakter seseorang. Membangun karakter dan watak
bangsa melalui pendidikan, mutlak dibutuhkan. Mulai diri sendiri, lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat.Pendidikan karakter yaitu mengajar peserta
didik tentang nilai kemanusiaan termasuk kejujuran, kebaikan, kemurahan hati,
keberanian, kebebasan, kesetaraaan, dan penghargaan kepada orang lain. MI
Terpadu Bina Putra Cendikia dalam mengungsung kompetensi alam murid
diterapkan kegiatan outbond satu kali pada setiap semester yang diikuti oleh
semua siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai
teknik pengumpulan data. Analisis datanya adalah menggunakan reduksi data,
display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa: Kegiatan outbond yang
dilaksanakan satu kali dalam setiap semester. Adapun kegiatan outbond yaitu
cooking class dan kegiatan berenang di water park keraton, pada siswa kelas
bawah (kelas 1 sampai kelas 3) kegiatan outbond yaitu cooking class dan untuk
kelas bawah (kelas 4 sampai 6) berenang di water park keraton. Ketika kegiatan
outbond semua siswa diawasi oleh wali kelasnya masing-masing. Pada kegiatan
cooking class siswa harus berani berkelompok dengan teman-temannya untuk
menghias nasi dan menuangkan ide kreatif mereka untuk menghias nasi tersebut.
Sedangkan untuk kelas atas (kelas 4 samapai 6) harus berani berenang di kolam
renang bersama dengan teman-temannya, sebelum melakukan kegiatan berenang
siswa pemanasan terlebih dahulu yag dipandu oleh guru olahraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 02:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 02:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9417 |
Actions (login required)
View Item |