Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin (Studi Kasus Di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan)

Nurtias, Awalul Widha (2020) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin (Studi Kasus Di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKKRIPSI-210616170-AWALUL WIDHA NURTIAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

WIDHA NURTIAS, AWALUL. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin (Studi Kasus di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan), Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: M. Widda Djuhan, M.SI.

Kata Kunci : Strategi guru, Karakter Disiplin

Guru dapat diartikan sebagai orang dewasa yang bekerja untuk mendidik dan mengajar peserta didik di sekolah agar peserta didik dapat menjadi sosok yang berkarakter, berilmu pengetahuan serta terampil mengaplikasikan ilmu pengetahuannya. Guru juga memegang peranan penting dalam menumbuhkan dan menanamkan karakter disiplin pada siswa. Disiplin merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Disiplin sangat penting artinya bagi peserta didik. Karena itu, disiplin harus ditanamkan secara terus menerus kepada peserta didik. Jika disiplin ditanamkan secara terus menerus maka disiplin tersebut akan menjadi sebuah kebiasan bagi peserta didik. Di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan guru selalu menerapkan kedisiplinan yang baik kepada para siswanya, sehingga siswa-siswinya pun memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kedisiplinan siswa siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan, (2) mengetahui cara guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan, dan (3) mengetahui persoalan yang dihadapi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa-siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sebagai informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru wali kelas rendah dan wali kelas atas, dan siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan konsep Milles & Huberman yaitu, mereduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa-siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan sangat baik dan tingkat kedisiplinannya pun cukup tinggi. (2) Cara yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa-siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan adalah pertama membariskan seluruh siswa dan guru untuk bersama-sama melafalkan asmaul husna dan ayat kursi. Kedua, memberikan masukan-masukan, arahan, dan motivasi yang membangun dan positif bagi siswa. Ketiga, guru memberikan contoh dan teladan yang baik bagi siswa. Keempat, memberikan pujian kepada siswa yang sudah memiliki disiplin yang cukup baik. Kelima, memberikan pembiasaan dengan membuatkan daftar atau draf yang harus dilakukan siswa ketika masuk ke dalam kelas. (3) Persoalan yang dihadapi guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa-siswi di MI GUPPI Hadiwarno Pacitan yakni siswa tidak merasa jera dan mengulang-ulang kembali, kurangnya kesadaran siswa untuk berdisiplin, dan perbedaan karakter, daya serap dan latar belakang masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:37
Last Modified: 02 Jun 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9406

Actions (login required)

View Item View Item