[SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATERAI] Pengaruh Emotional Quotient Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Akhlak Siswi Kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Kurniawati, Yuni (2020) [SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATERAI] Pengaruh Emotional Quotient Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Akhlak Siswi Kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YUNI KURNIAWATI (E-THESES).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawati, Yuni. 2020. Pengaruh Emotional Quotient dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Akhlak Siswi Kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Emotional Quotient, Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak.
Akhlak merupakan sesuatu yang berkaitan dengan persoalan bagaimana seseorang bertindak dan berperilaku. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi akhlak seseorang diantaranya adalah emotional quotient siswa dan kompetensi kepribadian guru. Seseorang yang mempunyai emotional quotient baik akan lebih bisa mengendalikan dirinya dan mengelola emosinya. Guru adalah sosok yang sangat diperhatikan dan dijadikan panutan oleh siswa. Seorang guru dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi, salah satunya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kepribadian yang mantap, stabil, disiplin, arif, dan berwibawa serta berakhlak mulia. Tetapi pada kenyataannya dilingkungan kelas VIII MTs Darul Huda, meskipun sudah memiliki tenaga pendidik yang mempunyai kompetensi kepribadian yang baik dan akhlak yang baik, akan tetapi masih banyak siswi yang tidur dikelas saat jam pelajaran berlangsung, mengucapkan perkataan kotor, terlambat masuk kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 195 responden dari jumlah populasi 394 siswi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Analisis data mengunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh emotional quotient terhadap akhlak siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (3) pengaruh emotional quotient dan kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Dari hasil penelitian ditemukan: (1) emotional quotient secara signifikan berpengaruh terhadap akhlak siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebesar 46,5%, (2) kompetensi kepribadian guru secara signifikan berpengaruh terhadap akhlak siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebesar 4,2%, (3) emotionl quotient dan kompetensi kepribadian guru secara signifikan berpengaruh terhadap akhlak siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:35
Last Modified: 02 Jun 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9404

Actions (login required)

View Item View Item