Peran Reward Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas VII Di MTs Negeri 10 Madiun, Balerejo, Madiun

Nur 'Aini, Erryma Meisyah (2020) Peran Reward Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas VII Di MTs Negeri 10 Madiun, Balerejo, Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316282_ERRYMA_MEISYAH_NUR_'AINI[1].pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nur ‘Aini, Erryma Meisyah . 2020, Peran reward dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Negeri 10 Madiun, Balerejo, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M. Pd. I.
Kata Kunci: Reward, Minat Baca
Pemberian strategi yang kurang tepat dapat menghambat berjalannya kegiatan pembelajaran yang efektif. Sehingga diterapkannya strategi reward supaya peserta didik mempunyai motivasi untuk meningkatkan minat baca. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Peran reward dalam memotivasi minat baca peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VII di MTs Negeri 10 Madiun dan implikasi penggunaan sistem reward terhadap peningkatan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VII di MTs Negeri 10 Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pemberian reward dalam memotivasi minat baca siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VII di MTs Negeri 10 Madiun. (2) Mengetahui implikasi penggunaan sitem reward terhadap peningkatan minat baca siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VII di MTs Negeri 10 Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di MTs Negeri 10 Madiun menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian di atas ditemukan bahwa (1) Minat baca peserta didik sudah lebih baik dengan diterapkannya strategi reward dari yang sebelumnya ada banyak anak yang kurang minat dalam membaca, karena sebagian kebanyakan dari mereka merasa bosan. Reward terebut diberikan pada saat guru meminta untuk mengulas bab sebelumnya dan menanyakan, jika nantinya ada yang bisa mempresetasikan dan ada yang bisa menjawab maka guru akan memberikan reward tersebut. (2) Dengan penggunaan reward berimplikasi baik untuk meningkatkan minat baca peserta didik, yang mana dapat dilihat dari kesungguhan antusias mereka saat diberi tugas untuk mengulas materi yang telah diberikan dengan cara mempresentasikan di depan kelas dan menjawab pertanyaan yang diberikan dari guru. Dengan strategi ini mereka juga tidak merasa bosan dengan adanya strategi baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 02:28
Last Modified: 29 May 2020 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9398

Actions (login required)

View Item View Item