Pengaruh Penggunaan Metode Permainan dengan Papan Angka terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Handayani, Wuri (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Permainan dengan Papan Angka terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WURI HANDAYANI_PGMI_210616209.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Handayani, Wuri. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Permainan dengan Papan Angka terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prylla Rochmawati, M.Pd..
Kata Kunci: Metode Permainan dengan Papan Angka, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Operasi hitung perkalian dan pembagian merupakan operasi hitung utama dalam matematika setelah penjumlahan dan pengurangan. Sehingga untuk dapat menguasai materi pembelajaran matematika lainnya sangat diperlukan pemahaman yang matang mengenai operasi hitung perkalian dan pembagian tersebut. Untuk tercapainya pemahaman yang matang mengenai materi operasi hitung perkalian dan pembagian diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode permainan dengan papan angka. Permainan papan angka merupakan permainan yang menggunakan peralatan sebuah papan yang berisi susunan angka, dan dimainkan dengan beberapa peralatan lainnya yaitu dua buah dadu, dan objek berwarna-warni yang dapat digunakan sebagai penanda. Papan angka digunakan sebagai media pilihan jawaban, dua dadu sebagai bilangan yang akan dihitung perkalian atau pembagian, dan objek penanda untuk menandai hasil perkalian atau pembagian pada papan angka. Proses permainan ini dapat mendorong siswa untuk menguasai perkalian dan pembagian dasar secara tidak langsung.
Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo dengan tujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan motivasi belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 yang dikarenakan penggunaan metode permainan dengan papan angka, (2) mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 yang dikarenakan penggunaan metode permainan dengan papan angka, dan (3) mengetahui adanya perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas V MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 yang dikarenakan penggunaan metode permainan dengan papan angka
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen jenis quasi experimental (pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, dan hasilnya adalah kelas Va sebanyak 17 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas Vb sebanyak 13 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan datanya dilakukan melalui tes dan angket. Sedangkan analisis data menggunakan uji T dan uji MANOVA yang dilakukan dengan bantuan komputer aplikasi SPSS 23 for windows 8.
Berdasarkan analisis data diketahui (1) adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan, yaitu 0,038 < 0,05. (2) Adanya perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibuktikan dari nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkankan, yaitu 0,037 < 0,05. (3) Adannya perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh dalam uji MANOVA yaitu sebesar 0.03 untuk variabel motivasi, dan sebesar 0,02 untuk variabel prestasi belajar, dimana kedua nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan, yaitu 0,03 < 0,05 dan 0,02 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Prylla Rochmawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:33
Last Modified: 02 Jun 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item