Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih di Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2019/2020

Komaria, Nurul (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih di Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210316150_NURUL KOMARIA_Perpus-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komaria, Nurul. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M. Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Make A Match, Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan suatu perubahan perilaku atau kemampuan berupa afektif, kognitif maupun psikomotorik yang diperoleh siswa setelah belajar. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya yaitu model penyajian materi (model pembelajaran). Di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal khususnya siswa kelas VII C pada mata pelajaran fiqih, terlihat bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi daripada kelas lainnya. Hal itu dikarenakan guru dapat menarik perhatian siswa dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Karena model make a match dapat membantu siswa lebih berpikir kritis serta mampu meningkatkan konsentrasi, selain itu didalamnya juga terdapat unsur permainan yang menjadikan suasana didalam kelas lebih menyenangkan, sehingga minat belajar siswa bertambah dan hasil belajarnya juga semakin meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, berjenis penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal, dimana peneliti mengambil sampel dengan menggunakan nonprobability sampling teknik purposive sampling yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Adapun teknik analisis penelitian menggunakan uji Independent Sample Test (Uji t), sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,482 dengan taraf signifikansi 0,533. Diperoleh ttabel dari db 32 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,693. Jadi, nilai thitung > ttabel (3,482 > 1,693) dan pada sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari penelitian diketahui nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pada kondisi awal (pre-test) sebesar 54,35 dan nilai rata-rata (Post-Test) sebesar 80,82. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (Pre-Test) sebesar 51,29 dan nilai rata-rata (Post-Test) sebesar 67,41. Penerapan model make a match ini dapat mempengaruhi hasil belajar fiqih sebesar 88%, yang diketahui dari hasil uji effect size sebesar 1,22. jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kelas VII mata pelajaran fiqih di MTs Ma’Arif Al-Ishlah Bungkal tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 02:03
Last Modified: 02 Jun 2020 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9386

Actions (login required)

View Item View Item