Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak (Studi Kasus Siswa Usia Sekolah Dasar di Dorisa Private Class Ngariboyo Magetan)

Kosasih, Ewing (2020) Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak (Studi Kasus Siswa Usia Sekolah Dasar di Dorisa Private Class Ngariboyo Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
EWING KOSASIH 210615083.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Lingkungan pertama bagi anak adalah keluarga, dan orang tua adalah tempat pertama bagi anak dalam mendapatkan pembelajaran dan otomatis orang tua yang memiliki peranan penting dalam membangun kecerdasan emosi anak. Bila anak memiliki kecerdasan emosi, anak akan lebih mampu mengenali emosi, mengendalikan diri, mampu mengarahkan pada emosi yang positif, tidak mudah menyerah dan putus asa. Peneliti melihat sendiri ketika melakukan observasi di Dorisa Private Class, bahwa anak kelas 1 dan 2 di Dorisa Private Class banyak yang belum bisa mengendalikan emosi, melakukan tindakan reaktif dengan memukul temannya. Ketika anak memukul temannya, anak lakukan secara spontan dan anak tidak bisa mengendalikan dirinya, sebagaimana emosi memiliki salah satu ciri respon yang cepat daripada pikiran rasional langsung melompat bertindak tanpa mempertimbangkan. Hal tersebut berkaitan dengan kecerdasan emosi anak di Dorisa Privae Class. Masalah yang ada di Dorisa Prvate Class mengenai kecerdasan emosi dan menurut peneliti masalah tersebut perlu dicarikan solusi pemecahan masalah guna meningkatkan kualitas bimbingan belajar yang ada di Dorisa Private Class.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosi anak usia sekolah dasar di Dorisa Private Class (2). Untuk mengetahui bagaimana upaya orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dasar di Dorisa Private Class Ngariboyo Magetan.
Peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Pengambilan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kecerdasan emosi anak usia sekolah dasar di Dorisa Private Class untuk kelas 1 kurang, kelas 2 juga masih kurang, kelas 3 sangat baik, kelas 4 sangat baik, kelas lima sedang, kelas 6 sangat baik. (2) Dari hasil wawancara mengenai upaya orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosi yaitu orang tua sudah memberikan kasih sayang, mengajarkan tata krama, menumbuhkan empati, dan mengajarkan kejujuran pada anak. Para orang tua sudah menerapakan hal dalam meningkatkan kecerdasan emosi tesebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 01:59
Last Modified: 29 May 2020 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item