Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kepuasan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di Smpn 1 Pilangkenceng Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020

Permatasari, Ayu Anggrelia Intan (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kepuasan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di Smpn 1 Pilangkenceng Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AYU ANGGRELIA-210316029.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Permatasari, Ayu Anggrelia Intan. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan
Kepuasan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pilangkenceng Madiun Tahun
Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kepuasan Fasilitas Belajar, Minat Belajar PAI
Minat belajar adalah keterlibatan seorang siswa dengan segenap pikiran
yang penuh perhatian untuk memperoleh pengetahuan dan paham akan
pengetahuan yang diajarkan di sekolah. Minat belajar siswa timbul bukan hanya
dari diri sendiri, tetapi juga harus ada dukungan atau dorongan yang kuat dari
keluarga, dan lingkungan masyarakat. Perhatian orang tua merupakan salah satu
faktor penting yang mempunyai pengaruh terhadap minat belajar anak. Selain
faktor perhatian orang tua, ada salah satu faktor lagi yang dapat mempengaruhi
minat belajar siswa, yakni kepuasan fasilitas belajar. Minat belajar di SMP Negeri
1 Pilangkenceng Madiun masih tergolong sangat rendah, karena banyak siswa
yang tidak mengumpulkan tugas, tidak memperhatikan saat proses belajar
mengajar berlangsung dan nilai harian mereka masih banyak yang berada di
bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Signifikansi pengaruh
perhatian orang tua terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Pilangkenceng Madiun, Signifikansi pengaruh kepuasan fasilitas belajar terhadap
minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pilangkenceng Madiun,
Signifikansi pengaruh perhatian orang dan kepuasan fasilitas belajar terhadap
minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pilangkenceng Madiun.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan
penelitian expost facto. Populasi penelitian berjumlah 275 siswa dan sampel
penelitian berjumlah 138 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini
menggunakan teknik random sampling dan penggumpulan data penelitian
menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier
sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: Perhatian orang tua
berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pilangkenceng Madiun, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000,
pengaruhnya sebesar 52,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
sedang diteliti. Kepuasan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap
minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pilangkenceng Madiun,
dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, pengaruhnya sebesar 60,2% dan
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti. Perhatian orang
dan kepuasan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat
belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pilangkenceng Madiun, dibuktikan
dengan nilai signifikansi 0,000, sebesar 69,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 01:57
Last Modified: 29 May 2020 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9369

Actions (login required)

View Item View Item