Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa MA Ma'arif Balong Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Nurkholis, Andika Candra Soip (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa MA Ma'arif Balong Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316136_ANDIKA CANDRA SOIP NURKHOLIS_PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurkholis, Andika Candra Soip. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan
Konsep Diri terhadap Kedisiplinan Siswa MA Ma’arif Balong Tahun
Pelajaran 2019/ 2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Konsep Diri, Kedisiplinan Siswa.
Lingkungan Keluarga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap
perkembangan anak terutama dalam tingkah laku kedisiplinannya. Konsep diri
juga dapat mempengaruhi disiplin. Disiplin itu tidak hanya ditemukan di sekolah
atau lembaga lain yang memberlakukan disiplin saja, akan tetapi disiplin yang
ditemukan untuk pertama kali adalah di rumah, dengan peranan pertama orang
tua. Sebab disiplin akan menjadi tanggung jawab orang tua siswa jika keberadaan
siswa di rumah. Konsep diri merupakan hal yang penting dalam kehidupan sebab,
pemahaman seseorang mengenai konsep dirinya akan menentukan dan
mengarahkan perilaku dalam berbagai situasi. Konsep diri pada siswa merupakan
suatu aspek yang mampu memaksimalkan tingkat kedisiplinan siswa di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan
keluarga terhadap kedisiplinan siswa MA Ma’arif Balong tahun pelajaran 2019/
2020. (2) pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan siswa MA Ma’arif Balong
tahun pelajaran 2019/ 2020. (3) pengaruh lingkungan keluarga dan konsep diri
terhadap kedisiplinan siswa MA Ma’arif Balong tahun pelajaran 2019/ 2020.
Pendekatan yang dilakukan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data
menggunakan rumus statistik, yaitu teknik analisis Regresi Linier Sederhana dan
Regresi Linier Berganda. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 86 siswa dan
semuanya dijadikan sebagai sampel. Sehingga teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik
penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Penggunaan data menggunakan angket yang mengacu atau berpedoman pada
Skala Likert. Skala Likert adalah digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan
persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial.
Dari hasil penelitian itu ditemukan: (1) ada pengaruh yang signifikan
antara lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa MA Ma’arif Balong tahun
pelajaran 2019/ 2020 sebesar 5,1% dan sisanya 94,9% dipengaruhi oleh faktor
lainnya. (2) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap kedisiplinan
siswa MA Ma’arif Balong tahun pelajaran 2019/ 2020 sebesar 57,4% dan sisanya
42,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. (3) ada pengaruh yang signifikan antara
lingkungan keluarga dan konsep diri terhadap kedisiplinan siswa MA Ma’arif
Balong tahun pelajaran 2019/ 2020 sebesar berpengaruh 60,8% dan sisanya 39,2%
dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 01:49
Last Modified: 29 May 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item