Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di MI Ma’arif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Wahyuni, Sri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di MI Ma’arif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V
di MI Ma’arif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran
2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Media Audiovisual, Hasil Belajar
Model pembelajaran kooperatif Salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon. Pada model pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator aktivitas siswa. Artinya dalam pembelajaran ini kegiatan aktif dengan pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa dan mereka bertanggung jawab atas hasil pembelajarannya. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini dapat dijadikan alternatif pilihan guru untuk menyampaikan materi. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain (kelompok), siswa juga diberi kesempatan untuk membagikan jawaban yang paling benar, teknik ini dapat mendorong siswa untuk bersemangat dalam bekerja sama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Ma’arif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif model eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design.populasi penlitian ini adalah 53 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis yang peneliti gunakan tentang model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas V diperoleh nilai signifikan 0,022 dan nilai signifikan tersebut dibawah 0,05. Sehingga diterima. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar antar kelas V A dan V B. Karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Ma’aarif Patihan Wetan Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 05:15
Last Modified: 28 May 2020 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item