Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo

Mustahgfiroh, Fadli Latul (2020) Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316045_FADLI LATUL M.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mustahgfiroh, Fadli Latul. 2020. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Program Gerakan Literasi Sekolah, Kualitas Layanan Perpustakaan, Minat Membaca.
Minat membaca adalah keinginan yang kuat dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas membaca. Membaca memiliki banyak sekali manfaat diantaranya menambah kosakata dan pengetahuan. Namun realita sekarang ini masih banyak ditemukan peserta didik yang memiliki minat membaca rendah. Dari survey Progress in Internasional Reading Literacy Study (PIRLS) pada tahun 2011, siswa Indonesia masih menempati urutan bawah dibandingkan dengan Negara lain. Fakta di lapangan juga menunjukkan bahwa sekitar 15% siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo memiliki minat membaca rendah. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, sejak tahun 2015, Kemdikbud menggalakkan suatu program yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan untuk mendorong seluruh anak Indonesia agar memiliki minat membaca buku. Di samping itu, sekolah memiliki peranan yang amat penting dalam menumbuhkan kegemaran membaca dengan menyediakan fasilitas berupa perpustakaan sekolah. Untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang baik, maka harus diawali terlebih dahulu dengan pelayanan perpustakaan yang berkualitas.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh program gerakan literasi sekolah dan kualitas layanan perpustakaan terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 164 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data, teknik instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Program gerakan literasi sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. (2) Kualitas layanan perpustakaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. (3) Program gerakan literasi sekolah dan kualitas layanan perpustakaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat membaca siswa kelas VII di MTsN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 05:09
Last Modified: 09 Jun 2020 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9350

Actions (login required)

View Item View Item