Wida, Nur
(2020)
Pengaruh Pelaksanaan Program Tadarus Pagi Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Sma Bakti Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.
Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Abstract
ABSTRAK
Wida, Nur. 2020.Pengaruh Pelaksanaan Program Tadarus Pagi dan Motivasi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X SMA Bakti Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Pelaksanaan Program Tadarus Pagi, Motivasi, dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan seseorang dalam melafalkan apa yang ditulis dalam Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Saat ini siswa dituntut bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun realita saat ini banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, seperti di SMA Bakti Ponorogo. Untuk mengatasi masalah tersebut sekolah menerapkan program tadarus pagi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Faktor lain yang menyebabkan banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an adalah karena kurangnya motivasi dalam membaca Al-Qur’an pada diri siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengatahui signifikansi pengaruh tadarus pagi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh program tadarus pagidan motivasi membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 30 respondensampel ditentukan dengan menggunkan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dan observasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan Program tadarus pagi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil analisis data thitung > ttabeldengan nilai 3.716>2.05. Hal ini berarti pelaksanaan program tadarus pagi mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 33%. (2) Motivasi membaca Al-Qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabeldengan nilai 6.331 >2.05. Hal ini berarti motivasi membaca Al-Qur’an mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 58.9%. (3) Pelaksanaan Program tadarus pagi dan Motivasi membaca Al-Qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung sebesar 46.077 dan Ftabel sebesar 3.35 pada tingkat kesalahan 5% maka ditarik kesimpulan bahwa tolak Ho. Pelaksanaan program tadarus pagi dan motivasi membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMA Bakti Ponorogo sebesar 77.3%.
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Pelaksanaan Program Tadarus Pagi Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Sma Bakti Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. (deposited 28 May 2020 05:05)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |