Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Bagdadiyah dan Metode Iqra’ pada Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Nurlaili, Fitriya (2020) Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Bagdadiyah dan Metode Iqra’ pada Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316037_FITRIYA NURLAILI.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Nurlaili, Fitriya. 2020. Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Bagdadiyah dan Metode Iqra’ pada Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Bagdadiyah, Metode Iqra’.
Kemampuan seseorang dalam membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam belajar Al-Qur’an. Terdapat metode membaca Al-Qur’an yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan berkembang di masyarakat dengan tujuan agar kemampuan membaca Al-Qur’an tercapai dengan baik. Belajar Al-Qur’an saat ini dilakukan dengan lebih variatif menggantikan metode belajar model lama yaitu Qaidah Bagdadiyah. Kecenderungan terhadap metode baru seperti metode Iqra’, Qira’aty, dan lain-lain lebih banyak digunakan oleh lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an. Salah satunya adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Autad Jengglong, Parang, Magetan yang menggunakan metode Iqra’ tanpa meninggalkan metode lama yaitu Bagdadiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang menggunakan metode Bagdadiyah di TPQ Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, (2) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang menggunakan metode Iqra’ di TPQ Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, dan (3) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Bagdadiyah dan metode Iqra’ di TPQ Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika komparatif dengan independent sample t test serta lokasi penelitian di TPQ Al-Autad Jengglong Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 santri. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang menggunakan metode Bagdadiyah adalah sebesar 52 yang termasuk dalam kategori sedang, (2) nilai rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang menggunakan metode Iqra’ adalah sebesar 52 yang termasuk dalam kategori sedang, dan (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an yang signifikan antara santri yang menggunakan metode Bagdadiyah dan metode Iqra’ dinyatakan dengan nilai signifikansi > α (0,565> 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 04:20
Last Modified: 28 May 2020 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9340

Actions (login required)

View Item View Item