Azis, Riska Yuliana (2020) Upaya Guru dalam Membangun Budaya Literasi di Sekolah (Studi Kasus di SMPN 1 Sambit Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
RISKA YULIANA AZIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Azis, Riska Yuliana. 2019/2020. Upaya Guru dalam Membangun Budaya Literasi di Sekolah
(Studi Kasus di SMPN 1 Sambit Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr.
Harjali, M.Pd.
Kata kunci: Guru, Budaya, Literasi
Saat ini, Indonesia mengalami krisis membaca dan menulis. Kebanyakan orang lebih suka mendengarkan dan menonton. Bahkan hal ini juga terjadi dikalangan pelajar. Melihat fenomena ini, pemerintah ikut turun tangan dalam mengatasi fenomena rendahnya minat baca dikalangan pelajar. Pemerintah melalui Kemendibud menyelenggarakan berbagai program Gerakan Literasi Nasional (GLN) melalui Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Masyarakat, dan Gerakan Literasi Keluarga. Gerakan Literasi Sekolah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Salah satu kegiatannya adalah membaca buku nonpelajaran 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Melalui kegiatan tersebut, pemerintah bekerja sama dengan sekolah berupaya menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana budaya literasi sekolah di SMPN 1 Sambit selam ini, (2) untuk mengetahui upaya guru dalam membangun budaya literasi sekolah di SMPN 1 Sambit, dan (3) untuk mengetahui bagaimana implikasi budaya literasi terhadap minat baca siswa di SMPN 1 Sambit.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclution/verivication.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Budaya literasi yang sedang berjalan di SMPN 1 Sambit saat ini adalah kegiatan literasi 15 menit membaca buku non pelajaran.; (2) Berdasarkan musyawarah tahunan kepala sekolah bersama guru dan TPMPS merumuskan OMOB (One Month One Book) dan pojok baca sebagai upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya
literasi pada siswa SMPN 1 Sambit; dan (3) Implikasi budaya literasi terhadap minat baca siswa di SMPN 1 Sambit adalah minat membaca siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya siswa yang mulai memanfaatkan waktunya untuk membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Harjali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2020 04:11 |
Last Modified: | 28 May 2020 04:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9331 |
Actions (login required)
View Item |