Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas IV Di MI Darussalam Lembeyan Kulon Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan

Wulandari, Lilis (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas IV Di MI Darussalam Lembeyan Kulon Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616239_LILIS WULANDARI..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulandari, Lilis. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas IV Di MI Darussalam Lembeyan Kulon Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir logis matematis, Kemampuan awal, Pecahan.
Kemampuan berpikir logis matematis yang dimiliki oleh siswa belum berkembang secara optimal. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada siswa kelas IV di MI Darussalam Lembeyan, bahwasanya siswa kelas IV dalam menyelesaikan persoalan pecahan perlu di perbaiki, dari 24 siswa yang benar-benar paham materi pecahan hanya 50% siswa dan yang lainnya sedikit lambat.
Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi pada materi pecahan. (2) mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal sedang pada materi pecahan dan (3) mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada materi pecahan di MI Darussalam Lembeyan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa kemudian di ambil 3 subjek untuk penelitian lebih lanjut. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan wawancara.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan awal tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir logis matematis. (2) Siswa dengan kemampuan awal sedang masih kurang baik dalam melakukan tahap menyelesaikan soal dan memberi kesimpulan pada akhir jawaban. (3) Siswa dengan kemampuan awal rendah belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir logis matematis dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 04:03
Last Modified: 28 May 2020 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item View Item