Potret Keunggulan Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo dengan Pengembangan Bakat Minat Siswa

Ambarita, Intan Baiduri (2020) Potret Keunggulan Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo dengan Pengembangan Bakat Minat Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
INTAN BAIDURI AMBARITA (210616059)-PGMI 16.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ambarita, Intan Baiduri. 2020. Potret Keunggulan Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo dengan Pengembangan Bakat Minat Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci : ekstrakurikuler seni lukis, bakat minat
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik diluar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan dibawah bimbingan sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler anak secara individu akan memilih kegiatan yang menurut mereka menyenangkan bagi mereka. Kegiatan ini berfungsi menumbuhkan perkembangan imajinasi anak dengan dilatih melalui kegiatan ekstrakurikuler seni lukis MIN 3 Ponorogo. Pada ekstrakurikuler seni lukis ini terdapat beberapa masalah menurut keterangan dari Guru tetapi ekstrakurikuler seni lukis MIN 3 tersebut keberhasilannya sudah tidak diragukan lagi. Ekstrakurikuler tersebut mampu meraih berbagai penghargaan yang luar biasa.
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui profil Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo. 2) untuk mengetahui dampak Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo dengan pengembangan bakat minat siswa 3) untuk mengetahui keberhasilan Ekstrakurikuler Seni Lukis MIN 3 Ponorogo dengan pengembangan bakat minat siswa.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan pengujian transferability.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) Profil ekstrakurikuler seni lukis itu di adakan atas usulan salah satu guru dan dibentuk bersama pihak sekolah serta memiliki tujuan mengembangkan bakat yang dimilki anak. Bahwa demimkian juga banyaknya siswa yang tertarik dan mempunyai bakat di bidang seni lukis. Sehingga membutuhkan jembatan untuk mengembangkan potensi tersebut melalui ekstrakurikuler seni lukis MIN 3 Ponorogo. 2) Dampak ekstrakurikuler seni lukis MIN 3 Ponorog dengan pengembangan bakat siswa adalah imajinasi yang tinggi, daya pikir tajam, tingkat kebersihan anak lebih baik, manajemen waktu bagus, percaya diri, terlihat ekspresi perasaan anak. 3) Keberhasilan ekstrakurikuler seni lukis MIN 3 Ponorogo dengan pengembangan bakat siswa dapat dilihat dari : Prestasi ekstrakurikuler, banyak peminat, tanggapan orang tua bagus, kreatifitas tinggi, dan peningkatan diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 03:57
Last Modified: 28 May 2020 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item