(FILE HARUS PDF, SILAKAN UPLOAD ULANG) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Quipper School Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas XI MA Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2019/2020

Afidah, Siti Nur (2020) (FILE HARUS PDF, SILAKAN UPLOAD ULANG) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Quipper School Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas XI MA Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Upload_210316405_SITI NUR AFIDAH.docx

Download (2MB)

Abstract

Afidah, Siti Nur. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Quipper School Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas XI MA Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata kunci: Hybrid Learning, Quipper School, Literasi, Perkembangan Islam Bani Umayyah.

Kemampuan berliterasi adalah salah satu faktor pendukung pembelajaran abad 21.Kemampuan literasi siswa perlu dikembangkan agar mampu berkompetisi dan berkontribusi pada masyarakat global di masa yang akan datang. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu kemampuan berliterasi siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Hybrid Learning berbantuan media Quipper School untuk meningkatakan kemampuan literasi siswa MA pada mata pelajaran SKI utamanya pada perkembangan Islam masa Dinasti Umayyah. Penelitian ini dilakukan di MA Miftahussalam Kambeng pada bulan Februari sampai Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pretest-posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan melalui random cluster sampling. Sampel penelitian terdiri kelas XI IIS 1 (Kelas Eksperimen) dan XI IIS 2 (Kelas Kontrol). Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 30 siswa, total sampel 60 siswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan tes. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest menggunakan uji independent t-test pada α = 0,05 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpilan Ho ditolak dan Ha diterima. Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan media Quipper School berpengaruh pada kemampuan berliterasi siswa kelas eksperimen meningkat lebih tinggi. Kemampuan berliterasi paling terlihat pada kelas ekperimen adalah kegiatan mengakses informasi dari media dengan N-gain sebesar 80 dalam kategori efektif. Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan media Quipper Schoolini merupakan salah satu alternative untuk mendukung pembelajaran dalam membudayakan kemampuan berliterasi dan untuk mengembangkan pembelajaran dengan berbasis IT, serta mampu mengimbangi pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 03:37
Last Modified: 28 May 2020 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9313

Actions (login required)

View Item View Item