Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Short dan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Perkalian Siswa Kelas V di MIN 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Patmawati, Julia Dwi (2020) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Short dan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Perkalian Siswa Kelas V di MIN 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_JULIA DWI PATMAWATI_210616179.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

patmawati, julia dwi.2020. Pengaruh Penggunaan
Strategi Pembelajaran dan Metode
Jarimatika terhadap Hasil Belajar Mata
Pelajaran Matematika Pokok Bahasan
Perkalian Siswa Kelas 5 di MIN 6
Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Negeri Islam (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata kunci: Matematika, Strategi, Hasil Belajar, Perkalian.
Bentuk masalah yang diamati dalam kegiatan belajar di kelas V MIN 6 Ponorogo ialah masalah yang ditemukan penulis dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika yaitu sebagian besar siswa belum mampu menguasai operasi hitung perkalian sehingga mengakibatkan siswa merasa kesusahan ketika mengerjakannya. Umumnya metode yang digunakan adalah menghafal. Namun hal tersebut dirasa masih kurang bisa mengatasi hal tersebut. Untuk itu perlu adanya solusi yang kongkrit untuk memecahkannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo, 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo dan, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran card sort dan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, bentuk desain yang digunakan adalah the one-group pretest-posttest design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara dan tes. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t-test. Penelitian ini dilakukan di MIN 6 Ponorogo dengan sampel penelitian adalah kelas V sebanyak 31 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VA dan VB yang akan diberikan (treatment) perlakuan.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung < t tabel (-3,093 < 0,355) sehingga Ha ditolak dan ho diterima. 2) Tidak ada pengaruh metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung < t tabel (-2,774 < 0,355) sehingga ha ditolak dan ho diterima, dan 3) ada pengaruh strategi pembelajaran card sort dan metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > t tabel (1,035 > 0,355) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 03:12
Last Modified: 29 May 2020 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9312

Actions (login required)

View Item View Item