Peran Orang Tua Asuh Dalam Bimbingan Akhlak Santriwati Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo

Rohmatin, Rika Fitria (2020) Peran Orang Tua Asuh Dalam Bimbingan Akhlak Santriwati Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316208_RIKA FITRIA ROHMATIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmatin, Rika Fitria.2020. Peran Orang Tua Asuh Dalam Bimbingan Akhlak Santriwati Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. Waris, M. Pd.

Kata Kunci: Peran Orang Tua Asuh dan Bimbingan Akhlak

Lembaga Kesejahteraan Sosial merupakan suatu lembaga sosial atau organisasi sosial yang menjalankan kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh masyarakat baik yang sudah berbadan hukum maupun yang belum berbadan hukum.Fungsi dari lembaga ini selain mensejahterakan anak juga memberikan pendidikan pada anak baik pendidikan formal maupun non formal, mengingat bahwa didalam LKSA tersebut tidak jauh dari orang tua asuh ataupun pengasuh.Tugas utama orang tua asuh yaitu mendidik, membimbing, dan memberikan keteladaan yang baik pada anak.Dengan begitu akhlak merupakan prioritas utama yang harus ditanamkan pada anak mengingat pada zaman saat ini banyak anak yang memiliki akhlak yang kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah peran orang tua asuh dalam meelaksanakan bimbingan akhlak bagi santriwati Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo, (2) Mengetahui bagaimanakah perilaku santriwati dari proses bimbingan akhlak yang telah dilaksanakan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fied Research).adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan proses analisis data mengunakan tiga tahap yaitu, tahap pengumpulan data, tahap proses pemilihan, dan tahap proses pemeriksaan analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan:(1), Peran Orang Tua Asuh dalam membimbing akhlak santriwati yaitu: selain mencukupi segala kebutuhanya orang tua asuh juga melaksanakan perananya sebagai orang tua asuh yaitu: memberikan pendampingan, bimbingan, arahan, pengawasan, kesempatan, motivasi dan komunikasi yang baik terhadap santriwati, yang mana hal tersebut diimplementasikan melalui beberapa kegiatan diantaranya yaitu: Proses bimbingan akhlak melalui berbagai kegiatan diantaranya yaitu: Tartil dan Tahfidz, Praktek Pengamalan Ibadah, Kedisiplinan (Disiplin dalam menggunakan waktu, dalam beribadah, dan disiplin dalam berpakaian), Pengawasan dengan cara orang tua asuh terjun langsung dan berkerjasama dengan guru disekolah pagi, Punishement dan Reward, dan Penerapan Akhlak terhadap ustd, ustadzah, pengurus dan teman-temanya. (2) Hasil dari bimbingan akhlak adalah santriwati memiliki kesadaran diri bahwa memiliki akhlak yang baik adalah suatu hal yang penting, selain itu mereka terbiasa sholat berjama’ah, melaksanakan ibadah sholat sunah, puasa senin kamis dan ibadah sunah yang lainya, membaca dan menghafal al-qur,an disetiap selesai sholat magrib dan subuh, disiplin dalam beribadah, berpakain dan menggunakan waktu, rukun dengan sesama teman, menghormati ustadz dan ustadzahnya beserta teman serta memiliki ukuwah islamiyah yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 08:10
Last Modified: 15 Jun 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item