Penerapan Strategi lightening the Learning Climate, Role Reversal Question, dan Physical Self Assessment. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Turi Jetis Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)

Daroini, Ahmad (2015) Penerapan Strategi lightening the Learning Climate, Role Reversal Question, dan Physical Self Assessment. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Turi Jetis Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
(15PAI36) AHMAD DAROINI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan dalam rangka melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi siswa dalam mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan dan ditetapkan, namun realita yang terjadi ditemukan 60% dari 20 siswa yang memperoleh nilai ulangan harian di bawah KKM yang telah ditentukan oleh guru, maka melihat kenyataan yang demikian, seorang guru harus bisa mencari jalan pemecahannya.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa terkait dengan kemampuan mengamati siswa, bertanya siswa, asosiasi siswa, komunikasi siswa, dan nilai perolehan hasil siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI pokok bahasan mari hidup ikhlas di kelas V SDN Turi Jetis semester genap tahun pelajaran 2014/2015.

Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui strategi lightening the Learning Climate, Role Reversal Question, dan Physical Self assessment dapat meningkatkan: 1) Kemampuan berkreasi siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan mari hidup ikhlas di kelas V SDN Turi Jetis Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa hasil siklus I hanya ada 14 dari 20 siswa dengan prosentase 70%. pada siklus II mengalami peningkatan yang segnifikan, hal ini dapat dilihat ada 20 dari 20 siswa dengan prosentase 100%. 2) Kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran PAI pokok mari hidup ikhlas di kelas V SDN Turi Jetis Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa hasil siklus I hanya ada 12 dari 20 siswa dengan prosentase 60%. pada siklus II mengalami peningkatan yang segnifikan hal ini dapat dilihat dari 18 dari 20 siswa dengan prosentase 90%. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan mari hidup ikhlas di kelas V SDN Turi Jetis Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa hasil siklus I hanya ada 13 dari 20 siswa dengan prosentase 65%. pada siklus II mengalami peningkatan yang seqnifikan hal ini dapat dilihat dari 20 dari 20 siswa dengan prosentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: 1. Mukibat
Location: 15PAI36
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:27
Last Modified: 19 Feb 2016 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item