Kemampuan Berpikir Analitis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMP N 1 Ponorogo

Fitriani, Fitriani (2020) Kemampuan Berpikir Analitis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMP N 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fitriani_IPA_Etesis. Pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa remaja atau pada tingkatan menengah pertama, peserta didik akan dituntut untuk menyelesaikan soal-soal yang berbasis masalah, hal tersebut untuk meningkatkan level berpikir peserta didik dan untuk membantu mengasah serta membentuk pola pikir peserta didik yang analitis. Kemampuan berpikir analitis menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh para peserta didik, dimana kemampuan berpikir analitis membantu peserta didik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pada pelajaran IPAyang membutuhkan sebuah kemampuan analitis dalam penyelesainnya.
Metode penelitian menggunakan model kualitatif dengan desain naturalistic.Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Ponorogo dengan teknik pengambilan sampel melalui purpossive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengathui, 1) level kemampuan berpikir analitis peserta didik ditinjau dari gaya belajar, 2) profil kemampuan berpikir analitis peserta didik ditinjau dari gaya belajar, 3) fator pendukung kemampuan berpikir analitis dan gaya belajar peserta didik, dan 4) pola keterkaitan antara kemampuan berpikir analitis dengan gaya belajar peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) level kemampuan analitis peserta diketahui bahwa peserta didik gaya visual berada pada level kemampuan menyimpulkan gagasan utama, pada peserta didik audiovisual yaitu berada pada kemampuan mengidentifikasi dan mengetahui berbagai kesalahan, pada peserta didik gaya belajar kinestetik berada pada level kemampuan mengidentifikasi suatu permasalahan, 2) profil kemampuan berpikir analitis ditinjau dari gaya belajar peserta didik, yaitu pada subjek gaya visual dalam cenderung untuk mejelaskan apa yang diketahui melalui penjelasan langsung secara lebih rinci, pada subjek audiovisual lebih cenderung membentuk pola yang lebih sederhana dengan pola penalaran (umum) generalisasi dan pada subjek kinestetik cenderung menerapkan konsep yang berbeda (unik), namun masih memiliki keterkaitan dengan permasalahan, 3) faktor pendukung kemampuan berpikir analitis dan gaya belajar peserta didik, yaitu media dan model pembelajaran yang digunakan, kemandirian peserta didik, dan lingkugan keluarga, 4) pola keterkaitan antara kemampuan berpikir analitis dan gaya belajar, yaitu pada ekplorasi sains, yang mencakup aspek experience, reasoning, modalitas, dan mindset dari peserta didik.
Melalui hasil penelitian tersebut diharapkan dapatmemberikan wawasan teoritis dan praktis bagi para pendidik dalam menentukan pendekatan dan strategi pencapaian kompetensi analitis IPA sesuai gaya belajar peserta didik di sekolah.
Kata Kunci: Analitis, Berpikir, Gaya Belajar, PBL

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 08:00
Last Modified: 28 May 2020 08:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item