Implementasi Manajemen Program SIAKSA dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Ponorogo)

Mu'azizah, Nofiatul (2020) Implementasi Manajemen Program SIAKSA dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_211216061_NOFIATUL MU'AZIZAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Mu’azizah, Nofiatul. 2020. Implementasi Manajemen Program Sistem Informasi Akademik Sekolah dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan (Studi Kasus di SMA N 3 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen, Sistem Informasi Akademik, Pelayanan Pendidikan
Meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah sangatlah penting. Oleh karena itu perlu adanya suatu upaya dan kebijakan sekolah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan agar lebih efektif dan efisien. Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo, Tim PDTI bersama Kepala Sekolah dan Wakasek merancang sistem informasi akademik sekolah yaitu SIAKSA untuk memudahkan dalam memanajemen sekolah.
Berdasarkan uraian di atas, Peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik yang dipakai dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo dimulai dengan menetapkan waktu rapat perencanaan, menetapkan pihak yang terlibat, membuat pembagian tugas dan wewenang pelaksana program, menentukan tujuan pengembangan aplikasi SIAKSA, menyiapkan komponen perancangan SIAKSA, menentukan langkah pengerjaan pengembangan SIAKSA serta menentukan strategi pengembangan SIAKSA. (2) Pelaksanaan Program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo dimulai dengan menetapkan waktu penerapan program, menentukan pihak yang terlibat dalam penerapan SIAKSA, melaksanakan program sesuai dengan tugas dan wewenang, dan menetapkan pengawas dalam pelaksanaan program SIAKSA. (3) Pelaksanaan evaluasi program SIAKSA dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMA N 3 Ponorogo dimulai dengan menetapkan waktu pelaksanaan evaluasi, menetapkan pihak yang terlibat dalam evaluasi, melakukan evaluasi sesuai dengan mekanismenya, mengukur tingkat pencapaian pelaksanaan program, selanjutnya akan mendapat hasil evaluasi dan menetapkan tindak lanjut. Contoh sederhananya pada pelaksanaan PTS, beberapa siswa mengalami kendala pada jaringan dan perangkat yang kurang memadai. Dari tim PDTI melakukan perbaikan dan untuk perangkat yang kurang memadai diarahkan melakukan PTS di laboratotium komputer yang disediakan di SMA N 3 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2020 05:07
Last Modified: 28 May 2020 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9294

Actions (login required)

View Item View Item