Peran Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Program Tahfidz (Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo)

Laili, Nur Alfiyah Mahmudah Nisfi (2020) Peran Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Program Tahfidz (Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUR ALFIYAH M.N.L_2112116047.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Laili, Nur A.M.N., 2020. Peran Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Program Tahfidz (Studi Kasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci : Peran Manajerial Kepala Madrasah, Mutu Program Tahfidz

Kepala sekolah/madrasah sebagai pemimpin lembaga pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan, serta sebagai penggerak dalam menciptakan lembaga yang unggul dan menarik perhatian konsumen. Untuk mewujudkan lembaga yang berkualitas, kepala sekolah/madrasah sebagai pemimpin harus dapat membangun program-program yang mempunyai kualitas yang baik yang dapat meningkatkan mutu lembaga. Oleh karena itu diharapkan kepala sekolah/madrasah mampu mengoptimalkan peranannya sebagai manajer, yaitu dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Merespon dari hal tersebut kepala madrasah MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo menyelenggarakan suatu program dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi generasi Qur’ani dan menciptakan lulusan yang berkualitas.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana penyusunan program tahfidz oleh kepala madrasah di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo? (2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz oleh kepala madrasah di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo? (3) Bagaimana evaluasi program oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu program tahfidz di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penyusunan program tahfidz oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu yaitu diawali dengan mengkordinasikan program tersebut kepada para stakeholder, kemudian penyusunan perencanaan hingga tahap evaluasi program. Penyusunan tersebut dilaksanakan oleh kepala madrasah pada awal tahun pelajaran, tepatnya dilakukan sebelum ajaran baru dimulai. Penyusunan program tahfidz tersebut dirangkum dalam silabus. Penyusunan program tahfidz ini sangat penting untuk dilakukan agar meningkatkan kualitas di lembaga tersebut. (2) Pelaksanaan program tahfidz dilakukan setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis. Pelaksanaan dimulai pada pukul 07.00 WIB yang disebut dengan kegiatan bina nafsiyah. Kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan doa bersama, membaca asma’ul husna, melaksanakan sholat dhuha berjama’ah, muraja’ah, dan memulai pembelajaran tahfidz. Pembelajaran dilaksanakan di sekitar area sekolah seperti di masjid, serambi sekolah, dan di dalam kelas yang dibimbing oleh guru tahfidz sesuai dengan kelasnya masing-masing. Metode yang digunakan yaitu metode yang telah diajarkan oleh guru tahfidz, yaitu metode talaqqi, dan dalam tilawahnya menggunakan nada sika. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pengkondisian siswa. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pelaksanaan tahfidz ini dilaksanakan dengan beberapa waktu, yaitu rapat perminggu, perbulan dan akhir tahun. Dalam evaluasi dilaksanakan dengan supervisi bagi para guru dan uji publik bagi para siswa. Hasil dari evaluasi ini menunjukkan bahwa kegiatan uji publik program tahfidz ini dilaksanakan sebagai langkah untuk membentuk karakter siswa melalui menghafal al-Qur’an. Dalam pelaksanaannya ada pelatihan bagi para guru guru tahfidz. Tujuan dilaksanakan pelatihan ini yaitu untuk mengetahui kemampuan para guru dalam mengajar dan juga bertukar ide dalam kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2020 05:12
Last Modified: 26 May 2020 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9285

Actions (login required)

View Item View Item