Peningkatan Kemampuan Hafalan Perkalian 1-10 Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun Tahun Akademik 2019-2020

Prasetyo, Doni Putra Tri (2020) Peningkatan Kemampuan Hafalan Perkalian 1-10 Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun Tahun Akademik 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Upload.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prasetyo, Doni Putra Tri. 2020. Peningkatan Kemampuan Hafalan Perkalian 1-10 Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun Tahun Akademik 2019-2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing SofwanHadi, M.Si.
Kata Kunci:Hafalan, Perkalian, Metode Jarimatika
Berdasarkan pengamatan dan penelitian selama ini peserta didik kurang minat dan tertarik pada mata pelajaran Matematika karena sebagian besar mereka menganggap pelajaran yang kurang menarik, sulit, dan membosankan terlebih pada materi oprasi hitung perkalian yang cenderung menghafal. Kebanyakan peserta didik mengafal menggunakan metode konvensional yang memiliki banyak kelemahan salah satunya mudah lupa, oleh karena itu peneliti akan mengadakan penelitian untuk memberikan solusi terkait permasalahan tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa dan siswi kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun yang berjumlah 29 siswa dengan komposisi siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan untuk siswi perempuan berjumlah 13 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan hafalan perkalian 1-10 dengan menggunakan metode jarimatika. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan uji tes hafalan perkalian 1-10.
Tujuan penelitian yang hendak dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui apakah dengan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan hafalan perkalian 1-10, dan untuk mengetahui pelaksanaan atau jalannya penelitian tindakan kelas serta mengetahui faktor-faktor yang menghambat proses hafalan perkalian di kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun.
Beberapa tahapan yang akan ditempuh oleh peneliti diantaranya perencanaan meliputi pembuatan RPP, mempersipkan materi ajar, mempersiapkan strategi, metode, dan sarana prasarana, membuat uji tes, form penilain dan membuat lembar kerja siswa. Setelah perencanaan peneliti melakuan tindakan berupa pembelajaran terkait teori dan praktik hafalan perkalian menggunakan metode jarimatika yang selanjutnya di observasi menggunakan uji tes hafalan untuk mengetahui perkembangan dari siswa untuk dijadikan refleksi dan perbaikan untuk siklus selanjutnya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode jarimatika sangat efektif untuk dijadikan alternatif meningkatkan kemampuan hafalan perkalian 1-10 di kelas III MI Thoriqul Huda Dagangan Madiun. Hal ini dapat dibuktikan meningkatnya uji hafalan perkalian 1-10 mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Hasil uji prasiklus menunjukkan 3 siswa (10,34%) dengan kriteria tidak lancar, 7 siswa (24,14%) dalam kriteria kurang lancar, 13 siswa (44,83%) cukup lancar, kriteria lancar terdapat 6 siswa (20,69%), dan tidak ada sama sekali siswa dalam kriteria sangat lancar (0%). Pada uji siklus I terdapat sedikit peningkatan dibandingkan uji prasiklus. Siswa dalam kriteria sangat lancar terdapat 5 siswa (17,24%), dimana pada saat uji prasiklus belum ada yang mencapai kriteria sangat lancar, kriteria lancar sebanyak 9 orang (31,03%), kriteria cukup lancar sejumlah 14 orang (48,28%), kriteria kurang lancar 1 orang (3,45%), dan kriteria tidak lancar nihil. Selanjutnya untuk siklus II tes menunjukkan hasil yang memuaskan dengan kriteria tertinggi yaitu kriteria lancar sebanyak 14 orang (48,28%), diikuti kriteria sangat lancar sebanyak 12 orang (41,38%), selanjutnya kriteria cukup lancar sebanyak 3 orang (10,34%), dan untuk kriteria kurang lancar dan tidak lancar nihil (0%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2020 04:30
Last Modified: 29 May 2020 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9280

Actions (login required)

View Item View Item