PENGARUH REWARD & PUNISHMENT DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V MIN 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurul Octavianti, Dina (2020) PENGARUH REWARD & PUNISHMENT DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V MIN 6 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DINA NURUL OCTAVIANTI (210616036)-PGMI 16.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Octavianti, Dina Nurul. 2020.Pengaruh Reward & Punishment dan Pembiasaan
di Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V MIN 6 Ponorogo Tahun
Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci : Reward & Punishment, Pembiasaan di Sekolah, Karakter Siswa
Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah membentuk siswa yang
berakhlak mulia. Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti atau akhlak
yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Orang-orang yang berkarakter
kuat dan baik ialah orang yang memiliki moral, akhlak atau budi pekerti yang baik.
Siswa yang tidak memiliki karakter yang baik akan menciptakan berbagai
permasalahan seperti: maraknya angka kekerasan anak dan remaja, kejahatan
terhadap teman, pornografi, kebiasaan mencontek, kebiasaan bullying di sekolah
dan lain sebagainya. Hal ini berbanding terbalik dengan tujuan dari pendidikan
bahwa siswa harus memiliki akhlak/karakter yang baik, seperti bertanggungjawab,
jujur, disiplin, sopan santun, peduli kepada orang lain, dan lain sebagainya. Upaya
yang tepat untuk membangun karakter unggul, baik dan mulia adalah melalui
pendidikan, karena pendidikan memiliki peran yang sentral dan baik untuk
menanamkan, dan menumbuhkembangkan karakter positif pada siswa. Dalam
proses pendidikan, termasuk dalam pendidikan karakter tentu diperlukan metodemetode
untuk menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada siswa, sehingga siswa
tidak hanya tahu tentang moral namun juga melaksanakannya. Seperti halnya
melalui penerapan reward & punishment dan pembiasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) ada tidaknya pengaruh reward
& punishment terhadap karakter siswa kelas V MIN 6 Ponorogo, (2) ada tidaknya
pengaruh pembiasaan di sekolah terhadap karakter siswa kelas V MIN 6 Ponorogo,
dan (3) ada tidaknya pengaruh reward & punishment dan pembiasaan di sekolah
terhadap karakter siswa kelas V MIN 6 Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan
adalah penelitian ex-post facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh
siswa kelas V MIN 6 Ponorogo dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh reward
& punishment terhadap karakter siswa kelas V MIN 6 Ponorogo sebesar 39,5%,
sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain, diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 4,348
> 2,045, (2) Ada pengaruh pembiasaan di sekolah terhadap karakter siswa kelas V
MIN 6 Ponorogo sebesar 70,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain,
diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 8,317>2,045, (3) Ada pengaruh reward &
punishment dan pembiasaan di sekolah secara bersama-sama terhadap karakter
siswa kelas V MIN 6 Ponorogo sebesar 74,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi
variabel lain, diperoleh nilai Fhitung>Ftabel yaitu 41,364 > 3,34.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2020 03:29
Last Modified: 19 May 2020 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9267

Actions (login required)

View Item View Item